Longsor Akibat Hujan Deras Putus Jalan Desa di Blitar-Rusak Rumah Warga

Erliana Riady - detikJatim
Kamis, 20 Jan 2022 08:58 WIB
longsor di ngawi
Foto: Istimewa (Dok BPBD Kab Blitar)
Blitar -

Hujan deras mengguyur Blitar, Rabu (19/1) sore mengakibatkan tebing di beberapa lokasi longsor. Material longsor di Blitar menerjang beberapa rumah warga dan menutup akses jalan desa.

Dari laporan BPBD Kabupaten Blitar, lokasi tebing longsor terjadi di Kecamatan Gandusari. Wilayah ini merupakan dataran tinggi dengan kontur perbukitan. Seperti di wilayah Desa Krisik, material tebing longsor setinggi 7 meter dengan lebar 2,5 meter menerjang tembok dapur rumah Andik Wahyudi.

Di lokasi yang tak jauh dari titik pertama, longsoran tebing setinggi 8 meter dan lebar 4,5 meter menerjang rumah Giman. Akibat terjangan longsor ini, dinding anyaman bambu rumah Giman rusak dan membuat posisi rumah doyong.

"Kami juga menemukan retakan tanah sepanjang 25 meter. Sangat berpotensi longsor. Dan ada tiga rumah warga dibawahnya. Kami sudah koordinasi dengan desa agar mereka tidak menempati dulu rumah itu," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Wahyudi saat dikonfirmasi detikJatim, Kamis (20/1/2022).

Tebing longsor juga dilaporkan di tiga titik lainnya. Material longsoran menutup bahu jalan hingga akses penghubung antar desa tertutup. Ketinggian material yang menutup bahu jalan bervariasi.

Seperti yang dilaporkan di jalan desa jurusan Wisata Rambut Monte. Di sini, material longsor tebing sepanjang 15 meter dengan lebar 4 meter. Kemudian di jalan desa jurusan Wisata Sumberdandang, longsor tebing setinggi 20 meter dengan lebar 5 meter juga menutup bahu jalan.

Tebing longsor ini juga menutup akses jalan Dusun Barurejo ke Desa Krisik. Tebing setinggi 25 meter dengan lebar 5 meter menyebabkan material setebal 70 meter, dengan panjang empat meter menutup bahu jalan.

"Tidak ada korban jiwa atau terluka. Pagi ini, kami mulai asesmen tentunya bersinergi dengan TNI Polri, Tagana dan relawan desa untuk pembersihan jalan. Agar akses antar desa segera bisa dilalui warga," pungkasnya.



Simak Video "Momen Evakuasi Korban Longsor di Kolombia yang Tewaskan Belasan Nyawa"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)