BPBD Surabaya Keluarkan Peringatan Banjir Rob di Wilayah Pesisir

Esti Widiyana - detikJatim
Kamis, 20 Jan 2022 07:16 WIB
Banjir Rob Kembali Rendam Jalan Kalimas Surabaya
Ilustrasi banjir rob(Foto file: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

BPBD Surabaya menyebut ada peringatan pasang air laut maksimum atau banjir rob. Dampaknya dapat menyebabkan banjir rob di wilayah pesisir.

Pasang air laut ini diprediksi terjadi besok, Kamis (20/1/2022). Ketinggiannya bisa mencapai 120-140 cm berdasarkan hasil koordinasi dari BMKG.

"Kita selalu koordinasi dengan BMKG, selalu diingatkan ke kita tentang peringatan dini. Tanggal 16-20 ada peningjatan air rob yang bisa menimbulkan kerawanan banjir," kata Plt Kepala BPBD Surabaya, Ridwan Mubarun saat ditemui di ruang kerjanya.

Pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di daerah pesisir. Ia juga mengingatkan kepada para nelayan untuk berhati-hati saat melaut. BPBD Surabaya juga memberi pelatihan arahan mitigasi. Khususnya di wilayah Nambangan, Krembangan dan Sontoh Laut.

"Sebenarnya aman kalau tidak ada hujan, ketika hujan tinggi kemungkinan berdampak ke pesisir pasti ada genangan. Kita sudah melakukan mitigasi di Nambangan, Sontoh Laut dan Krembangan," jelasnya.

Ia berharap intensitas hujan yang mengguyur Surabaya tindak tinggi. Karena dikhawatirkan tingginya pasang air laut, jika lama pasti akan terjadi banjir.

"Jalan Kalimas Baru sering banjir, sering mengganggu lalu lintas, malam saja," ujarnya.

Untuk nelayan sendiri, Ridwan menyebut masih aman untuk melaut meski ada banjir rob.

"Ada warning-warning ketika nelayan ga bisa melaut, sekarang bisa melaut. Mudah-mudahan angin tidak kencang," pungkasnya.



Simak Video "Banjir Rob Terjang Pantai Utara Probolinggo, Warga Pesisir Diminta Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)