Perjuangan Nakes Lumajang Naik Backhoe Seberangi Sungai Demi Layani Warga

Hilda Meilisa - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 16:44 WIB
nakes di lumajang naik backhoe
Nakes di Lumajang naik backhoe menyeberang sungai karena jembatan putus (Foto: Tangkapan layar)
Lumajang -

Perjuangan tenaga kesehatan (nakes) di Lumajang patut diacungi jempol. Demi memberi layanan kesehatan pada masyarakat, para nakes rela naik alat berat backhoe saat berangkat kerja.

Para nakes ini biasanya melintasi jembatan penghubung di Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Lumajang. Namun, jembatan ini putus usai diterjang lahar Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

Aksi para nakes menyita perhatian Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Dalam akun instagramnya, Khofifah mengunggah video nakes yang menaiki backhoe saat menyeberangi sungai. Khofifah menyebut video ini didapatkannya dari Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Video memperlihatkan tiga orang nakes yang naik backhoe. Saat naik, ketiganya menyingsingkan celananya agar tidak basah terkena air sungai. Tak hanya itu, para nakes juga terlihat nyeker atau tidak memakai alas kaki, namun tampak sepatu mereka dibawa di tangannya.

"Ini demi warga di Sumberlangsep menyeberang pakai backhoe untuk melaksanakan proses kesehatan gratis yang dilaksanakan di Sumberlangsep," kata seorang pria dalam video yang diunggah Khofifah di instagramnya @khofifah.ip yang dilihat detikJatim di Surabaya, Rabu (19/1/2022).

Khofifah juga mengapresiasi perjuangan nakes ini. Bahkan, gubernur perempuan pertama di Jatim ini memberikan dua jempol pada para nakes.

"Ke Kantor Naik Taxi Online ❌
Ke Kantor Naik Backhoe ✅

Dua jempol buat para tenaga kesehatan yang tetap semangat memberi pelayanan maksimal kepada masyarakat Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Lumajang," kata Khofifah.

Tak hanya itu, Khofifah juga mendoakan para nakes agar senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan dalam melayani masyarakat.

"Meski ditengah keterbatasan akibat jebolnya jembatan usai diterjang lahar dingin. Semoga Allah SWT senantiasa memberi kesehatan dan keberkahan. Aamiin," harap Khofifah.



Simak Video "WHO Ungkap 115 Ribu Nakes Meninggal Karena Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)