Seorang Warga Madiun Juga Terpapar Varian Omicron

Sugeng Hariyanto - detikJatim
Sabtu, 15 Jan 2022 14:55 WIB
Omicron di Indonesia terus melonjak. Pemerintah pun sudah mewanti-wanti masyarakat hingga menyiapkan strategi guna menghadapi lonjakan Omicron.
Foto: BBC Magazine
Madiun -

Warga Jatim yang terpapar positif COVID-19 varian Omicron bertambah. Kali ini warga Madiun berjenis kelamin perempuan usia 25 tahun.

Kabid Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Anis Jaka menjelaskan temuan varian Omicron setelah pihaknya melakukan antigen terhadap 18 warga. Dari tes tersebut kemudian diketahui ada dua orang dinyatakan positif COVID-19.

"Awalnya begitu kemarin ada yang positif COVID-19, langsung dilakukan tracing kepada keluarga yang terdekat. Ada 18 kontak erat dan dua di antaranya positif COVID-19, hanya satu yang sudah positif COVID-19 varian omicron," papar Anis, Sabtu (15/1/2022).

Anis menjelaskan pasien COVID-19 varian omicron ini memiliki gejala ringan seperti flu. Ia menyebut dalam perawatan pasien ini, petugas akan meningkatkan standar protokol kesehatan.

"Untuk gejalanya ringan. Bahkan pasien yang terjangkit omicron hari ini sudah tidak merasakan gejala. Cuma kemarin agak pilek saja," papar Anis.

"Tenaga kesehatan harus lebih disiplin dalam menggunakan APD dan menerapkan protokol kesehatan lantaran varian omicron lebih mudah menular dibandingkan varian lainnya," kata Anis.



Simak Video "Satgas Pastikan Varian Omicron XE Belum Ditemukan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(bdh/bdh)