Ratusan Pedagang di Bojonegoro Tolak Relokasi Pasar Induk

A Rofiq - detikJatim
Jumat, 14 Jan 2022 20:45 WIB
Ratusan pedagang pasar menggelar demo di depan kantor Pemkab Bojonegoro. Demo digelar karena mereka mendengar kabar Bupati Anna Muawanah berencana akan menutup dan merelokasi pasar induk Bojonegoro.
Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro -

Ratusan pedagang pasar menggelar demo di depan kantor Pemkab Bojonegoro. Demo digelar karena mereka mendengar kabar Bupati Anna Mu'awanah berencana akan menutup dan merelokasi pasar induk Bojonegoro.

Pantauan di lokasi, pedagang pasar induk tersebut demo dengan menggunakan 2 unit mobil komando dengan menggunakan sound system. Berbagai poster kecaman dan penolakan juga dibentangkan para pedagang.

Poster-poster itu bertuliskan antara lain 'Kerasukan Apa Sang Penguasa. Heran Saya', 'Pedagang Ojo Digusur. Nek Pingin Wedakmu Ora Luntur, Ibu Jangan Relokasi Kami', 'Iki Pasar Tinggalane Mbahku, ora MbahMu'.

Ugik, koordinator aksi pedagang mengatakan demo tersebut digelar untuk meminta jawaban kepastian terkait kabar penutupan pasar. Sebab, pedagang yang ada tegas menolak rencana relokasi pasar.

Kami sepakat menolak relokasi. Dan kami meminta jawaban dan kepastian dari Bupati Anna Mu'awanah dan kepala Dinas Perdagangan Sukemi." Ujar salah satu pedagang pasar, Ugik kepada detikcom, Jumat (14/1/2022).

Demo yang digelar sejak pukul 13.30 WIB hingga 16.30 WIB akhirnya hanya hanya ditemui Sekda Bojonegoro Nurul Azizah. Sedangkan Bupati Anna tak tampak sama sekali. Sejumlah perwakilan dari pedagang kemudian menyampaikan aspirasinya kepada sekda.

"Jadi, apa yang menjadi keinginan panjenengan semu akan dicatat dan diakomodir. Dan nantinya akan dilakukan rapat bersama Forpimda,"kata Nurul Azizah di hadapan para pedagang.

Usai ditemui sekda, para pedagang kemudian meninggalkan kantor Pemkab Bojonegoro dan bergeser ke kantor DPRD. Di sana para pedagang ditemui anggota Komisi B dan Wakil Ketua Sukur Priyanto.

Dalam pernyataannya, Sukur memastikan bahwa kabar relokasi atau penutupan pasar induk tidak akan terjadi. Ia juga berjanji akan bersurat ke Bupati Anna terkait tuntutan pedagang. Setelah mendengar penjelasan itu, para pedagang kemudian membubarkan diri.

"Kami pastikan tidak ada penutupan pasar oleh pihak pemkab. Kami akan bersurat juga kepada bupati agar ini segera dikaji ulang atau dibatalkan relokasi," kata Sukur.



Simak Video "Bau Busuk Keluar dari Sumur Pertamina di Bojonegoro, Warga Pusing dan Mual"
[Gambas:Video 20detik]
(bdh/bdh)