Dramatis, Penyelamatan Rusa Terjebak di Gorong-gorong

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Jumat, 14 Jan 2022 13:41 WIB
Penyelamatan rusa terjebak di gorong-gorong
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Penyelamatan seekor rusa yang terjebak di gorong-gorong Desa Padusan, Pacet, Mojokerto berlangsung dramatis. Rusa jantan itu bisa dievakuasi dari saluran air yang sempit setelah relawan menjerat kakinya dengan tali karmantel.

Evakuasi rusa berlangsung pada Kamis (13/1) sekitar pukul 22.00 WIB. Binatang mamalia yang biasa disebut menjangan itu terjebak di dalam gorong-gorong Desa Padusan. Kampung ini terletak di kaki Gunung Welirang.

Salah seorang relawan yang terlibat dalam penyelamatan rusa jantan itu adalah Anang Budi Prasetyo (40), Ketua Team Stress Adventure. Menurutnya, gorong-gorong tempat menjangan tersebut terjebak mempunyai kedalaman sekitar 2 meter, lebar hanya sekitar 1,5 meter dengan air yang mengalir deras selutut orang dewasa.

"Yang menjadi tantangan kami gorong-gorong itu sempit sehingga ruang gerak terbatas. Sementara rusa jantan biasa menyeruduk pakai tanduknya dan menendang," kata Anang kepada detikJatim, Jumat (14/1/2022).

Meski begitu, pria yang akrab disapa Genong ini nekat masuk ke dalam gorong-gorong untuk menyelamatkan rusa tersebut. Ia dan rekan setimnya hanya menggunakan tali karmantel untuk menangkap menjangan bertanduk runcing itu.

"Kaki belakangnya lebih dulu kami jerat pakai tali karmantel, kami tarik hingga terguling. Selanjutnya kepalanya saya pegang karena bertanduk, lalu kaki depan diikat. Baru setelah itu kami angkat ke atas bersama banyak orang," terang Anang.

Butuh banyak orang untuk mengangkat rusa jantan itu dari gorong-gorong. Karena menurut Anang, ukuran rusa berumur sekitar 7 tahun itu setara dengan anak sapi dengan bobot sekitar 1 kwintal.

Beruntung tidak ada seorang pun yang terluka selama evakuasi selama 10 menit tersebut. Menurut Anang, rusa jantan itu hanya mengalami beberapa luka lecet. Operasi penyelamatan menjangan ini juga melibatkan tim pemadam kebakaran, petugas dari Tahura R Soerjo, Perhutani, Polsek dan Koramil Pacet, serta BKSDA Jatim.

"Rusa langsung dibawa pakai mobil Polsek Pacet ke penangkaran," jelasnya.

Pengendali Ekosistem Hutan Resort Konservasi 9 Mojokerto BBKSDA Jatim Fajar Dwi Nur Aji menjelaskan rusa jantan lepas dari unit penangkaran Koperasi Wana Raharja Dinas Kehutanan Jatim di Bumi Perkemahan Claket, Kecamatan Pacet.

"Karena ada sedikit luka-luka, rusa dievakuasi ke kandang karantina unit penangkaran Koperasi Wana Raharja untuk pemulihan," ungkapnya.

Rusa jenis Timor berumur 7 tahun lebih tersebut, tambah Fajar, berkeliaran di permukiman penduduk Desa Padusan sejak Kamis (13/1) petang. Warga setempat berupaya menghalau hewan mamalia itu agar kembali ke hutan.

"Luka karena dihalau warga sehingga berlari menabrak-nabrak sesuatu. Masyarakat berupaya menghalau rusa agar tidak ditangkap orang yang tidak bertanggungjawab," tandasnya.



Simak Video "Rusa, Melihat Aktivitas Hewan Bertotol dan Bertanduk di Kebun Raya, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(bdh/bdh)