Selama 2021 Kasus Perceraian di Ponorogo Didominasi TKW

Charolin Pebrianti - detikJatim
Jumat, 14 Jan 2022 06:05 WIB
Pengadilan Agama (PA) Ponorogo
Petugas PA Ponorogo input data perceraian (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Pengadilan Agama (PA) Ponorogo menerima 1.990 perkara perceraian yang masuk selama tahun 2021. Hasilnya 1.919 perkara yang berhasil diputus.

Angka tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020, hanya ada 1.910 perkara masuk dan 1.769 perkara diputus. Lantas, apa penyebab perceraian ini terjadi?

"Faktor ekonomi dan perselingkuhan masih menjadi faktor yang mendominasi terjadinya perceraian tersebut," terang Humas PA Ponorogo Sukahatta Wakano saat dikonfirmasi, Jumat (13/1/2022).

Sukahatta juga merinci dari data tahun 2020 ada sebanyak 498 kasus cerai talak dan 1.412 cerai gugat. Sedangkan di tahun 2021, ada 540 kasus cerai talak dan 1.450 cerai gugat.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, perkara perceraian tahun 2021 yang lebih dominan dalam mengajukan permohonan perceraian dari pihak perempuan," kata Sukahatta.

Sukahatta menambahkan penyumbang terbanyak dari kasus perceraian tersebut yakni pekerjaan migran Indonesia (PMI)/TKI. Diketahui bekerja di Taiwan, Hongkong dan Korea Selatan.

"Ya lucu aja sang istri pergi jadi PMI atas dasar izin suami untuk perbaikan ekonomi dan suami menjaga anak-anak di rumah, kita ekonomi sudah mapan malah ingin bercerai," ujarnya.

Bahkan ada perkara, istri menuntut nafkah suami. Sedangkan posisi istri bekerja di Taiwan sementara suami berada di Indonesia bersama anaknya.

"Katanya kalau kirim uang nafkah Rp 1 juta, di Taiwan dapat apa?," imbuhnya.

Tingginya angka perceraian, lanjut Sukahatta, didominasi cerai gugat atau dari pihak perempuan. Disaat pihak perempuan merasa tidak nyaman langsung mengajukan perceraian lewat kuasa hukum.

Sedangkan untuk usia rata rata yang mengajukan perkara perceraian masih usia produktif, yakni di umur 30 - 50 tahun.

"Selisihnya lumayan, memang laki laki menahan diri mengajukan cerai daripada perempuan," pungkasnya,



Simak Video "Suharso Monoarfa Gugat Cerai Istrinya Nurhayati Effendi"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)