Surabaya Disebut Kota Termacet di Indonesia, Wali Kota Eri: Cek di Mana?

Tim Detikcom - detikJatim
Kamis, 13 Jan 2022 17:44 WIB
lalu lintas di surabaya
Suasana jalanan di Kota Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Kota Surabaya disebut sebagai kota termacet di Indonesia. Surabaya menempati posisi pertama dalam survei sebuah perusahaan analisis data lalu lintas Inrix.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi merespons survei ini. Eri justru mempertanyakan di mana wilayah yang disebut macet.

"Tapi kalau dilihat macetnya nang ndi (Di mana), dicek," kata Eri kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Eri menyebut kemacetan di Surabaya tidak terjadi setiap hari dan setiap saat. Macet biasanya terjadi pada jam-jam berangkat dan pulang kerja, tetapi tidak di semua jalan.
Baca juga: Surabaya jadi Kota Termacet Pertama di Indonesia, Malang ke-4

Selain itu, ruas jalan yang tidak lebar menjadi salah satu faktor kemacetan saat jam kerja. Misalnya di persimpangan jalan besar juga. Di antaranya Banyu Urip, Pasar Simo, Merr, A Yani, Jemursari, Pandegiling, Pasar Kembang, Bunderan Waru, Bunderan Balongsari, Rungkut Menanggal, dan lainnya.

Namun selepas jam kerja, lalu lintas di Surabaya kembali normal. Kondisi jalan pun lengang dan tak ada kemacetan. Sehingga pengendara bisa menikmati pemandangan Surabaya.

Terlebih saat weekend, tengah kota dan beberapa kawasan di Surabaya tampak lengang bahkan sepi. Meskipun ada beberapa titik keramaian di tempat wisata, tetapi tidak sampai menimbulkan kemacetan.

"Macetnya di jam kerja saja, setelah itu sudah tidak. Di jam kerja pun sudah jalan," jelasnya.

Eri juga akan melihat siapa yang memberi nilai Surabaya sebagai kota termacet no 1 di Indonesia. "Nanti siapa yang dinilai, itu dilihat," tegasnya.

Untuk mengurai kemacetan sendiri, Eri akan mencari solusi. Untuk mengurangi kemacetan, kota penyangga Gresik, Sidoarjo dan Madura, ini sudah menyediakan fasilitas transportasi.
Baca juga: Bukan Jakarta, Ini Kota Paling Macet di Indonesia

"Ya nanti dicarikan solusinya. Pakai alat transportasi bus," pungkasnya.

Berdasarkan penelitian Inrix tingkat kemacetan di lebih dari 1.000 kota di 50 negara di dunia saat pemulihan ekonomi dan sosial dalam kondisi pandemi COVID-19. Ada beberapa kota di Indonesia yang termasuk dalam penelitian Inrix. Di antaranya ada Jakarta, Surabaya, Bogor, Malang, dan Denpasar.

Hasil penelitian Inrix menyebutkan, bukan Jakarta yang menjadi kota termacet di Indonesia. Surabaya dinilai sebagai kota termacet di Indonesia, menurut Inrix.



Simak Video "Massa Buruh Mulai Berdatangan, Jalur Bundaran Waru Masuk Surabaya Macet"
[Gambas:Video 20detik]
(bdh/bdh)