Akhirnya Kapal Pesiar Kembali Berlabuh di Pelabuhan Semarang

Akhirnya Kapal Pesiar Kembali Berlabuh di Pelabuhan Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Sabtu, 24 Sep 2022 17:35 WIB
Kapal pesiar berbendera Prancis berlabuh di Pelabuhan Semarang, Sabtu (24/9/2022).
Kapal pesiar berbendera Prancis berlabuh di Pelabuhan Semarang, Sabtu (24/9/2022). Foto: dok. Pelindo
Semarang -

Setelah 2,5 tahun dilanda pandemi COVID-19, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang akhirnya kembali menyambut kapal pesiar berisi wisatawan. Kapal berbendera Prancis itu membawa 85 wisatawan dan 118 kru.

Kapal yang bersandar itu bernama MV Le Laperous. Kapal yang memiliki GRT (Gross Tonnage) 9.988 Ton dan LOA (Length Over All) 131,46 meter itu bersandar di Dermaga Nusantara Pelabuhan Tanjung Emas pada pukul 06.30 WIB pagi tadi.

"Kapal pesiar berbendera Prancis ini singgah di sini karena besarnya minat mereka terhadap berbagai objek wisata di Jawa Tengah, salah satunya yang membawa sebanyak 85 penumpang dan 118 crew kapal," kata General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo) Cabang Tanjung Emas Semarang, Hardianto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/9/2022).


Para wisatawan yang turun dari kapal MV Le Laperouse itu langsung disambut para penari tradisional dan live music. Beberapa wisatawan juga sempat berfoto dengan para penari.

Kapal pesiar berbendera Prancis berlabuh di Pelabuhan Semarang, Sabtu (24/9/2022).Kapal pesiar berbendera Prancis berlabuh di Pelabuhan Semarang, Sabtu (24/9/2022). Foto: dok. Pelindo

"Hal tersebut merupakan bentuk pelayanan kami yang didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang untuk menyambut para turis yang berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Emas," jelasnya.

Para wisatawan yang dipandu oleh jasa tour and travel dari Bondjaya Travel Tour itu berkunjung ke Candi Borobudur, Tlogo Agro, dan Wisata Kota Lama Semarang. Ada juga rombongan turis yang tetap berada di kapal atau berkeliling Semarang menggunakan mobil feeder yang disiapkan Pemkot Semarang.

Sebelum ke Semarang, kapal berbendera Prancis itu bersandar di Karimunjawa, Jepara. Rencananya kapal itu akan melanjutkan perjalanan ke Krakatoa Archipelago, Lampung. Mereka akan berlabuh di sana sekitar pukul 23.00 WIB.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)