Festival Kota Lama Semarang Kembali Digelar, Simak Agenda dan Jadwalnya

Festival Kota Lama Semarang Kembali Digelar, Simak Agenda dan Jadwalnya

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Jumat, 16 Sep 2022 08:51 WIB
Kota Lama Semarang jadi wisata percontohan
Kawasan Kota Lama Semarang. Foto: (dok Kemenparekraf)
Semarang -

Festival Kota Lama Semarang kembali digelar luring hingga tanggal 25 September 2022 setelah tahun lalu diadakan secara daring. Berbagai kegiatan disiapkan untuk memeriahkan Festival Kota Lama.

"Kami di Pemerintah Kota Semarang tahun ini telah menegaskan bahwa tidak ada bulan tanpa gelaran kegiatan. Kemarin Agustus kita sudah running beberapa event, di bulan September ini kita angkat Festival Kota Lama untuk terus dipromosikan. Semoga berhasil untuk meningkatkan kunjungan wisata," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) dalam keterangan yang dikutip detikJateng, Jumat (16/9/2022).

Festival tersebut dibuka hari Kamis (15/9) malam kemarin oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan juga dihadiri Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Direktur Event Daerah Kemudian Pariwisata, Reza Fahlevi.


Ganjar mengatakan Festival Kota Lama akan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Lama. Seluruh seniman bisa dilibatkan untuk tampil dan ekonomi pun bergerak.

"Sehingga orang yang pengin piknik ke kota lama tidak hanya menunggu festival kota lama. Tapi ini bisa menjadi acara rutin, yang barangkali nggak hanya sisi seninya bisa ditampilkan tapi ekonominya akan bisa bergerak ya," kata Ganjar.

"Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari kebangkitan dan kreativitas para musisi seniman semuanya bisa kumpul lagi," imbuhnya.

Ketua penyelenggara Festival Kota Lama, Agus Suryono mengatakan tahun ini acara digelar hybrid sehingga bisa didatangi dan dilihat secara daring. Ia menyebut banyak acara yang diselenggarakan mulai dari seni tari, kuliner legendaris, panggung atraksi budaya, jelajah Kota Lama dan aktivitas komunitas di Kota Lama dan lain sebagainya.

"Festival Kota Lama adalah untuk menghidupkan Kota Lama. Karena Kota Lama ini, selama pandemi kan seperti monumen yang mati, jadi semua ini agar Kota Lama menjadi hidup, ya salah satunya melalui budaya," kata Agus.

Beberapa acara diantaranya yaitu Dialog nasional pelestarian 'Kota Semarang Lama Cagar Budaya Nasional' Bersama BPPI serta Wayang On The Street di gedung Oudetrap yang dilaksanakan pada 16 September 2022.

Kemudian Pasar Sentiling yang berlokasi di area Metro Poin yang digelar pada tanggal 15 - 25 September 2022 yang akan berisi kuliner legendaris kota Semarang dan kuliner legendaris dari seluruh Nusantara. Ada juga pameran Produk Unggulan UMKM yang berlokasi di Gedung Weeskamer pada 15 - 19 September 2022.

Kegiatan lainnya yaitu Soegijazz pada 18 September 2022 yang akan menyuguhkan musisi Jazz lokal maupun Internasional. Kemudian tanggal 23 - 25 September 2022 akan ada Nyiur Pagelaran Nusantara dengan menghadirkan karya para desainer.

Tanggal 24 September 2022 akan ada acara Kagama Karawitan kolaborasi dan Fashion Parade In Harmony. Lalu pada tanggal 25 September 2022 akan ada Flashmob Orchestra dan Tarian di Rumah Akar yang merupakan salah satu lokasi instagramable di lorong kota lama.



Simak Video "Kemeriahan Semarang Flower Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)