Piala AFF U-16

Jelang Semifinal Indonesia Vs Myanmar: Gol Cepat Jadi Kunci

Agus Septiawan - detikJateng
Selasa, 09 Agu 2022 11:38 WIB
Sleman -

Timnas Indonesia U-16 bakal melakoni duel lawan Myanmar dalam semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8) besok. Demi mengamankan tiket final, pelatih Bima Sakti mengincar gol cepat sembari mewanti-wanti anak asuhnya untuk mewaspadai serangan balik The Asian Lions, julukan tim Myanmar.

Penggawa Garuda Muda menggeber latihan di Lapangan Yogyakarta Independent School, hari ini. Ditemui di sela latihan, Bima Sakti mengatakan gol cepat menjadi kunci dalam laga semifinal besok.

"Pokoknya kita berusaha bisa bikin gol secepat mungkin. Kalau enggak bisa, kita sabar, kita main. Kemudian kita tadi juga sudah antisipasi bagaimana seandainya terjadi penalti kita juga sudah latihan mulai dari kemarin-kemarin. Yang pasti lebih aman kita harus menangkan di 90 menit," ujar Bima, Selasa (9/8/2022).


Bima Sakti mengaku sudah mempelajari video permainan Myanmar saat babak penyisihan. Pihaknya optimistis telah menggenggam cara untuk membongkar pertahanan Myanmar.

"Ya kita tadi latihan skema bagaimana kita menyerang kemudian saat defend juga, karena kita sudah lihat video Myanmar bagaimana di babak penyisihan. Kita evaluasi kita lihat mereka tim bagus juga mereka tim yang solid, kompak sehingga kita harus punya cara atau skema untuk bisa memenangkan pertandingan tersebut," jelasnya.

Secara khusus Bima Sakti mewanti-wanti anak asuhnya untuk mewaspadai serangan balik The Asian Lions. Oleh karena itu, transisi permainan menjadi perhatian khusus Bima Sakti.

"Mereka (Myanmar) defend-nya rapi, lima (pemain) di belakang, kemudian counter attack mereka juga bagus oleh sebab itu kita harus antisipasi itu. Jangan sampai terlena, kita menyerang menguasai bola tapi kita lupa bagaimana organisasi bertahan," kata dia.

Meski begitu, lanjutnya, Garuda Muda dirasa memiliki waktu istirahat yang lebih panjang dari Myanmar. Kondisi ini bisa menjadi keuntungan karena kondisi Arkhan Kaka dkk.

"Ya kita bersyukur ada tiga hari ya kita bisa break, semoga ini menjadi kekuatan kita. Myanmar memang kemarin baru habis main hari ini istirahat terus besok mereka main lagi, itu kita manfaatkan dengan baik pertandingan besok di semifinal," kata Bima.

(aku/sip)