Puluhan Pohon Tumbang-9 Rumah Rusak Gegara Cuaca Ekstrem di Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Kamis, 27 Jan 2022 11:27 WIB
Pohon tumbang menimpa atap rumah warga.
Pohon tumbang menimpa atap rumah warga. Foto: dok. BPBD Sleman
Sleman -

Puluhan pohon tumbang dan 9 rumah mengalami kerusakan pada bagian atap setelah hujan deras dan angin kencang melanda wilayah Kabupaten Sleman, DIY, malam tadi. Selain menutup akses jalan, pohon tumbang itu juga menimpa jaringan listrik dan rumah.

Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Makwan, mengatakan cuaca buruk melanda wilayah Sleman sejak Rabu sore hingga malam, (26/1/2022). Makwan menyebut laporan kejadian pohon tumbang tersebar di 5 Kapanewon, yaitu Kapanewon Turi, Tempel, Pakem, Sleman dan Ngemplak.

"Hujan deras yang disertai angin kencang kemarin memang mengakibatkan beberapa kerusakan di 5 Kapanewon," kata Makwan kepada wartawan.

Menurut Makwan, laporan kejadian terbanyak datang dari Kapanewon Turi. Di wilayah tersebut, tercatat ada 31 laporan pohon tumbang di sejumlah titik, mulai dari Bangunkerto, Donokerto, hingga Wonokerto.

Dampak pohon tumbang itu menutup akses jalan, menimpa jaringan listrik dan rumah. Selain pohon tumbang, angin kencang di Kapanewon Turi juga menyebabkan sejumlah rumah rusak.

"Di Bangunkerto, angin kencang menimbulkan kerusakan ringan. Ada 9 rumah yang atapnya beterbangan," kata Makwan.

Adapun di Kapanewon Tempel, Makwan berujar, ada 13 laporan yang masuk. Mayoritas laporan itu juga berupa kejadian pohon tumbang. Sedangkan di Kapanewon Sleman, ada 5 laporan yang masuk.

"Di UPT Pertanian, Jl Pendowo Temon Pandowoharjo, 1 pohon tumbang menimpa Gedung UPT. Di Murangan 8 RT 12 RW 30 Triharjo, pohon kelengkeng rungkat menimpa atap RSUD Sleman. Tapi semua sudah terkondisi," jelasnya.

Sementara itu, di Kapanewon Ngemplak dan Pakem masing-masing hanya ada 1 laporan kejadian, yaitu pohon tumbang yang menghalangi akses jalan. Namun, pohon tumbang itu sudah disingkirkan.

"Sampai saat ini dilaporkan nihil korban jiwa," pungkas Makwan.



Simak Video "Hujan Angin Terjang Ciamis, Sejumlah Pohon di Jalan Nasional Tumbang!"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aku)