Cara Jualan Online buat Pemula, Simak Dulu 10 Tips Ini

Tim detikFinance - detikJateng
Rabu, 20 Jul 2022 03:00 WIB
Ilustrasi Bisnis Online
Ilustrasi Bisnis Online. Foto: Shutterstock
Solo -

Jualan online tampaknya mudah dan menyenangkan karena bisa dikerjakan dari rumah atau di mana saja. Meski demikian, jualan online juga punya beberapa tantangan.

Bagi kamu yang baru merintis usaha jualan online, berikut tips cara jualan online buat pemula yang dilansir dari detikFinance.

1. Pilih Platform (e-Commerce) yang Tepat

Tiap toko online (platform/e-commerce) punya ciri khas masing-masing. Pelajari dulu kelebihan dan kekurangan dari tiap toko online yang ada sebelum memutuskan akan membuka berjualan di mana.


Ada platform yang dikenal lebih banyak dikunjungi wanita. Begitu pula sebaliknya, ada platform yang lebih digemari oleh pembeli laki-laki.

Nah, tinggal seusaikan produkmu kira-kira lebih cocok di toko online mana, meski kamu juga bisa jualan online di beberapa platform sekaligus.

2. Manfaatkan Fitur e-Commerce

Ada banyak fitur di e-commerce untuk membantu bisnismu. Misalnya di Tokopedia ada fitur Bangga Buatan Indonesia. Di fitur itu, calon pembeli bisa langsung menemukan produk-produk lokal dari berbagai kategori.

Ada juga fitur Tokopedia Play. Melalui kanal video streaming ini, penjual di Tokopedia yang hampir semuanya UMKM bisa melakukan promosi interaktif dan menghibur.

3. Pelajari SEO

Agar transaksi jualan online cepat meningkat, Anda harus menguasai hal ihwal optimasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO). Mengingat, orang mencari barang yang akan dibeli melalui mesin pencari, baik lewat Google maupun langsung di laman atau platform toko online.

Dengan menguasai SEO atau kata kunci yang tepat, maka produk Anda akan lebih sering muncul di mesin pencari. Materi mengenai SEO bisa Anda pelajari secara gratis di YouTube.

4. Beri Layanan Terbaik

Sama seperti berjualan secara offline, saat jualan online Anda juga harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli. Di antaranya dengan memberikan informasi produk yang jelas dan jujur. Jika pembeli merasa puas dengan layanannya, mereka tak segan memberikan testimoni yang bagus ke toko Anda.

Baca 6 tips lainnya di halaman selanjutnya...