Gibran Hapus Anggaran Mobil Listrik hingga Disebut Pembangkang

Round-Up

Gibran Hapus Anggaran Mobil Listrik hingga Disebut Pembangkang

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 02 Nov 2022 07:07 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Lodji Gandrung, Sabtu (29/10/2022)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mencoret anggaran untuk pembelian kendaraan listrik yang akan dijadikan mobil dinas. Sedianya, anggaran pembelian kendaraan listrik itu disiapkan untuk tahun depan.

"Sing tak (yang saya) hapus malah (anggaran) wali kota dan wakil wali kota kita hapus untuk mobil listrik," kata Gibran Rakabuming, Selasa (1/11/2022).

Gibran tidak menyebut secara pasti angka yang dicoretnya dari anggaran tersebut. Namun dia mengatakan harga mobil listrik termurah mencapai Rp 800 juta.


Berikut ini beberapa hal terkait penghapusan anggaran pembelian mobil listrik di Solo.

Alasan Gibran Hapus Anggaran

Gibran ternyata merasa sayang jika anggaran yang cukup besar itu digunakan untuk membeli kendaraan dinas. Dia memilih mengalokasikannya untuk keperluan lain.

"Timbange tuku (Daripada beli) mobil mending bangun pasar," kata Gibran, Selasa (1/11/2022).

Terlebih menurutnya, kendaraan listrik juga tidak murah. Gibran menyebut untuk kendaraan listrik yang paling murah seharga Rp 800 juta.

Gibran Pilih Pakai Mobil Lama

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming rupanya belum membutuhkan mobil dinas baru. Dia masih cukup nyaman menggunakan mobil dinas lamanya berupa Toyota Innova.

"Aku pakai yang ini dulu," kata Gibran sambil menunjuk mobil dinasnya yang berwarna putih.

Gibran Siap Menerima Sanksi

Seperti diketahui aturan penggunaan mobil listrik tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022 tentang percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di instansi pemerintah pusat dan daerah.

Meski demikian, Gibran tetap memilih untuk mencoret anggaran untuk pembelian mobil listrik. Bahkan, dia siap menerima sanksi.

"Kita siap disanksi. Sing penting warga sik (Yang penting warga dulu), aku gampang. Aku paling terakhir," kata Gibran Rakabuming.

Netizen Sebut Gibran Anak Pembangkang

Sosok Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali ramai menjadi perbincangan di media sosial. Ini setelah seorang netizen menyebutnya sebagai seorang anak pembangkang.

Ungkapan itu disampaikan oleh netizen melalui akun Twitter @indra***. @indra "Anak pembangkang nih mas wali @gibran_tweet" cuit akun tersebut.

Tidak hanya menyebut Gibran anak pembangkang, tetapi @indra*** juga menyertakan berita terkait kebijakan Gibran yang menghapus anggaran pengadaan mobil listrik.

Mendapatkan anggapan tersebut, Gibran pun memberikan respons. Melalui akun pribadinya @gibran_tweet Gibran membalas cuitan itu dengan sangat singkat, yakni dengan satu huruf Y. Y biasanya dipakai untuk mengatakan "ya". Tetapi, agar lebih ringkas maka ditulis hanya satu huruf saja.



Simak Video "RI Subsidi Rp 80 Juta untuk Mobil Listrik, Bagaimana Negara Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)