Psikolog Ungkap Penyebab Seseorang Berselingkuh, Apa Saja?

Psikolog Ungkap Penyebab Seseorang Berselingkuh, Apa Saja?

Tim detikHealth - detikJateng
Selasa, 20 Sep 2022 19:58 WIB
Unfaithful young man in a cafe. He is embracing his girlfriend and making call gesture to another woman behind her back.
Ilustrasi perselingkuhan. Foto: iStock
Solo -

Isu perselingkuhan sering menjadi penyebab utama keretakan dalam hubungan rumah tangga. Tidak jarang perselingkuhan yang dilakukan oleh seorang suami atau istri menjadi dasar terjadinya sebuah perceraian.

Sebenarnya apa sih hal yang memicu seseorang berselingkuh?

Psikolog klinis dari Ohana Space Veronica Adesla mengungkapkan penyebabnya. Dikutip dari detikHealth, Verinoca menyebut beberapa faktor pemicu seseorang berselingkuh.


"Dalam romantic relationship itu kan ada kebutuhan individu, misalnya dihargai, respect, ada yang di taking care, di emong. Kebutuhan-kebutuhan ini mungkin saja terpenuhi di orang lain," katanya kepada detikHealth, Selasa (20/9/2022).

Dia menjelaskan ada alasan yang lebih besar yang bisa jadi mendasari keputusan seseorang untuk membagi cintanya. Memuaskan ego ternyata bukan satu-satunya alasan.

Meski demikian, tidak ada alasan apapun yang bisa digunakan untuk membenarkan sebuah perselingkuhan. Dalam sebuah pernikahan ada komitmen jangka panjang yang harus terus dipegang dengan teguh.

Pelanggaran atas komitmen itu menunjukkan bahwa seseorang tidak memiliki rasa tanggung jawab dan hanya mementingkan diri sendiri.

"Satu hal yang harus diingat bahwa dalam pernikahan tidak selalu semua kebutuhan terpenuhi. What do you expect sih, kalau kebutuhan kamu bisa dipenuhi sama satu orang? Nggak akan bisa," jelasnya.

"Makanya penting adanya pre marriage counseling untuk mencari apa yang sebenarnya dicari dari hubungan. kalau bisa ditoleransi kan oke, kalo nggak, gimana?" pungkasnya.



Simak Video "Psikolog soal Tragedi Kanjuruhan: Ada Ketidaksiapan Menerima Kekalahan"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)