Tak Hanya Gibran, Sekda Solo dan 1 Staf Juga Terpapar COVID-19

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Jumat, 19 Agu 2022 13:11 WIB
Gibran dan Selvi
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dan keluarga. (Foto: Instagram)
Solo -

Sejumlah kontak erat Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka turut menjalani tes swab. Hasil tes swab menyatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani dan staf Gibran juga terpapar COVID-19.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan Gibran melakukan tes swab pada Rabu (17/8) setelah memimpin upacara HUT ke-77 RI. Karena hasilnya positif, keesokan harinya seluruh kontak erat juga menjalani tes swab.

"Setelah penurunan bendera, dikabari Kamis pagi Forkopimda swab, termasuk saya, Pak Sekda. Hasilnya kemarin Magrib tambahnya (yang positif) Pak Sekda dan Gilang staf Wali Kota," ujar Teguh kepada wartawan, Jumat (19/8/2022).


Sebelum upacara HUT RI, Gibran sebetulnya sudah berencana untuk tes swab karena mengetahui asisten rumah tangganya yang terpapar COVID-19. Namun Gibran harus menyelesaikan tugas sebagai inspektur upacara terlebih dahulu.

"Sudah diminta swab sebenarnya, tapi kan ada upacara, karena upacara kan sakral, ingin tetap jadi inspektur upacara. Tapi beliau menyadari, maka langsung minta swab setelah upacara," katanya.

Dari catatan detikJateng, Gibran sudah tiga kali terpapar COVID-19. Sebelum ini, Gibran terpapar COVID-19 sekaligus demam berdarah (DB) sehingga harus menjalani isolasi yang cukup lama.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, istrinya Selvi Ananda dan dan anak pertamanya Jan Ethes terpapar COVID-19. Gibran saat ini menjalani isolasi di rumah pribadinya.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menyebut Gibran saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah pribadinya. Hal ini berbeda dengan saat Gibran terpapar COVID-19 beberapa saat lalu. Saat itu Gibran melakukan isolasi mandiri di rumah dinas Loji Gandrung karena keluarganya tidak ikut terpapar.

"Mestinya isolasinya di rumah, karena dengan keluarganya. Kalau dulu kan (Gibran) sendiri," kata Teguh di sela kegiatannya, Jumat (19/8).

Teguh juga menyebut kondisi Gibran dan sekeluarga tidak bergejala atau OTG. Begitu pula saat terakhir bertemu, Teguh menyebut Gibran dalam kondisi tanpa gejala.



Simak Video "Aksi Gibran Rakabuming Naik Kuda di Solo Batik Carnival"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/rih)