Internasional

Yayasan Amal Pangeran Charles Terima Rp 18 M dari Keluarga bin Laden

Tim detikNews - detikJateng
Senin, 01 Agu 2022 14:46 WIB
Pangeran Charles
Pangeran Charles (Foto: Instagram @clarencehouse)
Solo -

Clarence House, kediaman Pangeran Charles, membantah laporan media Inggris yang menyebut sang pangeran secara pribadi telah menerima dana sebesar 1 juta Poundsterling (Rp 18,1 miliar) dari keluarga bin Laden. Namun disebutkan bahwa dana itu diterima oleh yayasan amal Pangeran Charles yang diputuskan oleh dewan komisarisnya.

Seperti dilansir detikNews dari CNN, Senin (1/8/2022), Sunday Times yang mengutip sejumlah sumber menyebut Pangeran Charles telah menerima sumbangan dari Bakr bin Laden dan Shafiq bin Laden untuk The Prince of Wales Charitable Fund (PWCF) atau Yayasan Amal Pangeran Wales, meskipun ada keberatan dari para penasihat utama pada saat itu.

Pihak Clarence House membantahnya, dengan menegaskan bahwa keputusan untuk menerima dana sumbangan dibuat oleh Dewan Komisaris PWCF, bukan oleh Pangeran Charles sendiri. "Keputusan untuk menerima sumbangan itu diambil oleh Dewan Komisaris yayasan amal itu sendiri ," tegas Clarence House.


Bakr maupun Shafiq bin Laden diketahui tidak memiliki hubungan apapun dengan aktivitas teror maupun muncul dalam daftar sanksi yang dirilis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), juga pemerintah AS, Uni Eropa dan Inggris.

Menurut dokumen pengadilan Amerika Serikat (AS), Osama bin Laden dikeluarkan sebagai pemegang saham perusahaan keluarga itu tahun 1993, ketika Bakr bin Laden memimpin perusahaan konstruksi Binladin Group yang berkantor di Jeddah, Arab Saudi, tersebut.

Dalam tanggapannya, PWCF menjelaskan bahwa 'sumbangan dari Sheikh Bakr bin Laden telah dipertimbangkan dengan hati-hati oleh Dewan Komisaris PWCF'. "Pemeriksaan telah dilakukan, dengan informasi didapatkan berbagai sumber yang luas, termasuk pemerintah," sebut PWCF.

Sumber lainnya yang dekat dengan PWCF menyebut "setelah pemeriksaan menyeluruh terhadap masalah ini, Dewan Komisaris menyimpulkan bahwa tindakan satu anggota keluarga Bin Laden tidak seharusnya menodai seluruh keluarga".



Simak Video "Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Jadi Raja Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/aku)