Teknologi

7 Cara Screenshot di Laptop Windows, Gampang Banget Lur!

Tim detikInet - detikJateng
Rabu, 29 Jun 2022 03:03 WIB
ilustrasi komputer
Ilustrasi laptop (Foto: unsplash)
Solo -

Sedulur pernah bingung bagaimana cara mengambil screenshot di komputer atau pun laptop berbasis Windows? Atau sudah menekan tombol Print Screen (PrtScr) tapi tak juga menangkap gambar?

Tenang, ada beberapa kombinasi dan metode lain yang bisa dicoba untuk mengambil screenshot di komputer. Mengutip detikInet, Selasa (28/7/2022), berikut cara screenshot di komputer yang mudah menggunakan keyboard yang bisa dijajal.

1. Menggunakan tombol PrtScr

Dengan menggunakan tombol ini seluruh layar akan tertangkap dengan satu kali pencet. Caranya dengan menekan tombol PrtScr yang biasanya ada di sisi kanan keyboard. Nantinya hasil screenshot akan tersimpan di clipboard dan Sedulur tinggal mem-paste-nya.


Untuk melihat hasil screenshot-an ini, Sedulur tinggal buka aplikasi Paint dan saling screenshot yang baru diambil dengan tombol Ctrl+V (paste). Setelah hasil terlihat di layar, Sedulur tinggal menyimpan gambar tersebut dengan mengklik gambar disket di sisi kiri atas.

2. Menggunakan tombol Alt+PrtScr

Dengan kombinasi tombol ini, gambar screenshot yang diambil hanya dari jendela yang aktif. Caranya dengan menekan tombol Alt dan PrtScr secara bersamaan.

Cara menyalin gambar dari clipboard di Microsoft Paint seperti yang sudah disampaikan di atas. Namun, perlu diingat untuk beberapa komputer, bisa jadi Sedulur harus memencet tombol Alt+Fn+PrtScr.

3. Menggunakan tombol Windows+PrtScr

Kombinasi tombol ini merupakan cara yang paling efisien dan cepat untuk mengambil screenshot di komputer. Sebab, Sedulur tidak perlu repot-repot menyalinnya di Microsoft Paint. Tapi, metode ini hanya bisa digunakan di komputer dengan sistem Windows 10.

Caranya dengan menekan tombol berlogo Windows (yang berada di tengah antara tombol Alt dan Ctrl), dan tombol PrtScr secara bersamaan hingga layar monitor Sedulur berkedip. Setelah itu, untuk melihat hasil screenshot ini, bisa dicek ke direktori C:users[nama user]PicturesScreenshots.

4. Menggunakan tombol Windows+Shift+S

Dengan menekan kombinasi tombol ini layar komputer Sedulur akan terlihat berubah menjadi abu-abu, dan kursos berbentuk menjadi ikon plus. Sedulur bisa memilih area spesifik di layar yang ingin diambil screenshotsnya dengan cara klik dan drag.

Screenshot dari area yang dipilih akan disalin ke clipboard. Untuk melihat hasilnya, Sedulur bisa menyalin gambar tersebut ke aplikasi Microsoft Paint seperti metode pertama dan kedua ya.

5. Menggunakan Snipping Tool

Snipping tool telah lama menjadi bagian dari Windows. Aplikasi ini pertama kali dikenalkan di Windows Vista. Dengan aplikasi ini, format screenshot yang diambil bisa lebih fleksibel, bisa berbentuk bebas, persegi panjang, jendela aktif saja, atau bahkan layar penuh.

Cara menggunakannya cukup dengan membuka aplikasi Snipping Tool ini. Setelahnya pilih opsi News atau jika ingin memilih bentuk spesifik, klik tanda panah yang ada di sisi kirinya.

Setelah itu pilih area layar yang ingin diambil screenshotnya. Setelah itu preview screenshot akan ditampilkan, dan bisa langsung disimpan dengan mengklik ikon disket di sisi kiri atas.

6. Menggunakan Game Bar

Windows 10 memiliki fitur Game Bar yang memungkinkan penggunanya untuk merekam cuplikan dari game dan mengambil screenshot dari game Windows. Sebelum menggunakan Game Bar ini, Sedulur harus membuka aplikasi Xbox yang merupakan fitur bawaan Windows 10.

Setelahnya buka pengaturan di aplikasi tersebut, dan cari opsi Game DVR. Kemudian klik toggle 'Take screenshoots using Game DVR'. Bisa juga menggunakan kombinasi default dengan tombol Windows+G, atau juga memasukkan kombinasi tombol pilihan kalian sendiri untuk membuka Game Bar.

Ketika ingin mengambil screenshot, tekan tombol Windows+G atau tombol pilihan kalian, dan klik kotak 'Yes this is a game' jika muncul. Setelah itu klik ikon kmaera yang ada atau tekan tombol Windows+Alt+PrtScr untuk mengambil screenshot. Hasil screenshots ini bisa dilihat di C:Users[namauser]VideoCaptures.

7. Menggunakan aplikasi Dropbox

Layanan cloud Dropbox bisa juga dipilih untuk mengambil screenshot dengan cepat dan otomatis. Untuk menggunakan fitur ini, pastikan aplikasi Dropbox sudah terpasang dan terbuka di komputer yang digunakan. Setelah itu klik foto profil kalian yang ada di sisi kanan atas dan pilih menu Preferences.

Kemudian klik opsi Import, dan beri tanda centang di kotak dengan tulisan 'Save screenshots to your Dropbox'. Untuk menyimpan screenshot ini cukup mudah. Bagi pengguna sistem operasi Windows, tinggal memencet tombol Print Screen dan Dropbox akan langsung menyimpannya di akun Sedulur.

Jika Sedulur memencet tombol Ctrl+Print Screen, maka screenshot ini akan tersimpan ke akun Dropbox dan sekaligus bisa langsung meng-copy linknya, lalu mempaste link itu ke bodi email, Facebook, atau akun lainnya. Untuk melihat hasil screenshot ini, Sedulur bisa mengeceknya di folder Dropbox yang ada di Windows Explorer dan masuk ke folder Screenshots.

(ams/aku)