Nasional

Riuh Sorakan Kader PDIP Saat Ganjar dan Bambang Pacul Salam Komando

Tim detikNews - detikJateng
Selasa, 21 Jun 2022 17:54 WIB
Ganjar di Rakernas PDIP
Ganjar Pranowo di Rakernas PDIP, Selasa (21/6/2022). (Foto: 20Detik)
Solo -

Salah satu momen yang mencuri perhatian dalam Rakernas PDIP yakni saat Ketua Bapilu Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salam komando. Peristiwa itu disambut sorakan riuh para kader PDIP yang hadir dalam acara itu.

Seperti dilansir detikNews, Selasa (21/6/2022), kejadian itu terjadi sebelum acara rakernas di Sekolah Partai PDIP di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan dimulai hari ini tadi.

Ganjar yang datang lebih dulu dari Bambang Pacul berada di barisan kursi kader. Kemudian ketika Bambang Pacul baru datang, Ganjar bersalaman. Saat itu Ganjar juga bersalaman dengan sejumlah kader lainnya yang juga baru datang ke lokasi acara.


Kemudian Ganjar dan Bambang Pacul duduk di kursi mereka masing-masing. Beberapa saat kemudian Ganjar menghampiri Bambang Pacul.

Dia kembali bersalaman dengan Bambang Pacul. Namun yang berbeda dan membuat heboh, keduanya tampak kompak mengangkat tangan ke atas seraya salam komando. Saat itu para kader PDIP yang ada di lokasi langsung bersorak riuh. Tak sedikit dari mereka yang mencoba mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponselnya.

Tak lama setelahnya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasuki ruangan untuk memulai acara yang berlangsung hybrid, baik langsung maupun virtual itu.

Salam komando antara Ganjar dan Bambang Pacul jadi heboh menyusul seteru di antara keduanya selama sekitar setahun belakangan. Dimulai dari Ganjar yang tidak diundang di acara arahan Puan Maharani untuk kader PDIP di Jateng, tensi hubungan keduanya juga naik terkait dukungan kader PDIP Purworejo untuk Ganjar maju capres. Buntutnya Bambang Pacul saat itu bicara soal banteng dan celeng.

Sementara dalam beberapa kali wawancara, Ganjar menyatakan perkara Pilpres 2024 ada di tangan Megawati.

Namun beberapa waktu kemudian Bambang mengaku tidak sedang berkonflik secara personal dengan Ganjar. Menurutnya tegurannya kepada Ganjar berdasarkan pada arahan Megawati.

"Arahan tegas dari Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri bahwa kami seluruh kader merupakan slagorde, kami barisan yang mendapat perintah, barisan yang diperintah. Itu dasar tindakan dari apa yang saya lakukan beberapa waktu lalu ketika menegur Mas Ganjar," ujar Bambang Wuryanto kepada detikcom di Solo, Kamis 3 Juni 2021 silam.



Simak Video "Pernah Disindir 'Kemajon', Kini Ganjar Raih Tangan Bambang Pacul"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/aku)