Kata Dokter Forensik soal Jasad Eril Masih Utuh Usai 14 Hari Tenggelam

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Jumat, 10 Jun 2022 15:24 WIB
Sungai Aare di Bern, Swiss
Sungai Aare di Bern, Swiss. (Foto: Getty Images/alxpin)
Solo -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut jasad putranya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, masih utuh saat ditemukan setelah 14 hari tenggelam di Sungai Aare, Swiss. Dokter forensik asal Solo, dr Adji Suwandono, SpFM memberi penjelasan soal itu.

Dosen Spesialis Forensik dan Medikolegal Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) itu mengatakan, pada umumnya jasad manusia akan membusuk setelah meninggal dalam waktu dua pekan.

"Secara umum, jasad itu mulai membusuk dalam waktu 24 jam ketika di darat. Tapi kondisi tertentu memungkinkan jasad itu tetap utuh," kata Adji saat dihubungi detikJateng, Jumat (10/6/2022).


Adji menyebut faktor tingkat keasaman dan kandungan garam di lokasi menentukan kondisi keutuhan jasad. Termasuk dalam peristiwa Eril, dimungkinkan bahwa kandungan garam dalam air dan tingkat keasaman di Sungai Aare itu rendah.

"Bisa saja itu airnya jenis payau yang dekat laut, jadi ada kandungan garamnya. Tingkat asam basa juga bisa pengaruh," ungkap mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Solo tersebut.

Selain itu, faktor suhu juga memengaruhi kondisi jasad. Suhu yang dingin akan memperlambat proses pembusukan.

"Suhu sangat berpengaruh. Di tempat dingin seperti di es atau daratan tinggi pasti lebih lama busuk. Berbeda dengan di dataran rendah seperti Solo ini," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil kembali terbang ke Swiss. Kepergiannya itu terkait dengan laporan penemuan jasad anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang sempat hilang tenggelam di Sungai Aare.

Saat ini, Ridwan Kamil sudah tiba di Swiss dan bisa melihat langsung jasad anaknya yang sudah 14 hari hilang. Dia mengaku bersyukur anaknya bisa ditemukan meski dalam kondisi telah meninggal.

"Akhirnya Allah SWT memberikan kesempatan kepada saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya di akun Instagram @ridwankamil seperti dikutip dari detikJabar, Jumat (10/6).

Dalam unggahan tersebut, Emil, demikian sapaan akrabnya, juga menceritakan kondisi jasad Eril saat ditemukan. Dia menyebut jasad tersebut masih utuh dan wangi.

"dan MASYA ALLAH, Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," tulisnya.

Selanjutnya, Emil menutup unggahannya itu dengan ungkapan akan mengajak Eril pulang ke tanah air.

"Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu," tutup Emil.



Simak Video "Ini Skema Pengamanan dan Pengaturan saat Proses Pemakaman Eril"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/dil)