Kenali Teman Mudikmu di Jalan Lur, Ini Daftar Kode Pelat Nomor se-Indonesia

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 30 Apr 2022 20:30 WIB
Plat nomor kendraaan palsu. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi. Foto: dikhy sasra
Solo -

Sejak Senin (25/4/2022) lalu, kendaraan pemudik dari berbagai daerah mulai memasuki wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mayoritas pemudik itu dari arah barat, seperti DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kini, semakin mendekati lebaran, pemudik yang masuk ke Jateng dan DIY kian beragam daerah asalnya. Meski masih didominasi kendaraan dari arah barat, tidak semua pemudik itu berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, atau Banten. Banyak juga kendaraan pemudik dari Sumatera.

Begitu pula dari arah timur, kendaraan pemudik yang masuk Jateng dan DIY tidak melulu dari Jawa Timur dan Bali. Ada dari Lombok, Sumbawa, Kalimantan, dan lain-lain. Hal itu terlihat dari beragamnya kode plat nomor kendaraan yang memadati jalanan, baik di tol maupun jalan arteri.

Bagi sebagian warga Jateng dan DIY, beberapa kode plat nomor kendaraan pemudik itu mungkin tampak asing. Kalaupun sering berpapasan dengan kode plat nomor kendaraan itu, tidak menutup kemungkinan belum tahu dari mana daerah asalnya.

Dalam edisi liputan mudik lebaran kali ini, detikJateng menyajikan daftar lengkap kode pelat nomor kendaraan dari seluruh Indonesia. Mulai dari ujung Pulau Sumatera sampai Papua.

Banyak manfaat yang diperoleh setelah mengenal kode pelat nomor kendaraan ini. Salah satunya, bisa menjadi bahan pembuka obrolan ringan untuk saling kenal dengan pemudik dari daerah lain kalau kebetulan sedang beristirahat di lokasi yang sama.

Dilansir dari samsatkeliling.info, berikut ini daftar lengkap kode pelat nomor kendaraan di seluruh Indonesia.

(Bagi pembaca detikJateng yang ingin berbagi informasi atau cerita menarik seputar mudik Lebaran 2022, silakan kirim ke email infojateng@detik.com. Mohon sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi oleh redaksi detikJateng)



Simak Video "Polisi Ciduk Pria Ngaku Anggota Brimob Tipu Janda di Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)