Cek di Sini! Mengenali Asal Pemudik Berdasar Pelat Nomor Kendaraannya

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 30 Apr 2022 17:33 WIB
Petugas Dishub DKI Jakarta mengatur arus lalu lintas di depan pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Sabtu (23/10/2021). Dinas Perhubungan DKI Jakarta menerapkan kebijakan pelat nomor polisi ganjil genap pada kendaraan roda empat di tempat wisata edukasi Taman Margasatwa Ragunan yang berlaku mulai 22 Oktober 2021 saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Solo -

Sejak Senin (25/4/2022) lalu, kendaraan pemudik dari berbagai daerah mulai memasuki wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dilihat dari kode pelat nomor kendaraannya, pemudik yang memadati jalanan di sekitar kita tak melulu dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

Banyak juga pemudik lokal alias antarkota dalam provinsi, seperti dari Jawa Tengah wilayah pantai utara (pantura) bagian barat atau eks Karesidenan Pekalongan dan wilayah pantai selatan bagian barat, yaitu eks Karesidenan Banyumas.

Bagi sebagian warga Jateng dan DIY, tidaklah sulit untuk mengenal kendaraan dari eks Karesidenan Pekalongan. Tinggal tengok saja pelat nomornya, asal berawalan kode huruf G, dapat dipastikan kendaraan itu dari Pekalongan dan sekitarnya. Begitu pula untuk mengenali kendaraan dari Banyumas dan sekitarnya, pelat nomornya pasti diawali kode huruf R.

Tapi jangan lupa, eks-Karesidenan Pekalongan itu terdiri dari 5 kabupaten dan 2 kota. Dengan demikian, untuk mengenal lebih detail asal kabupaten/kota kendaraan itu, kita mesti tahu arti kode huruf pada deretan belakang pelat nomornya.

Dalam edisi liputan mudik Lebaran kali ini, detikJateng menyajikan daftar lengkap kode pelat nomor kendaraan dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY. Tak hanya kode huruf depan pelat nomornya, tapi lengkap dengan kode huruf deretan belakangnya.

Dilansir samsatkeliling.info, berikut ini daftar lengkap kode plat nomor kendaraan dari 33 kabupaten dan 7 kota di Jawa Tengah dan DIY.

(Bagi pembaca detikJateng yang ingin berbagi informasi atau cerita menarik seputar mudik Lebaran 2022, silakan kirim ke email infojateng@detik.com. Mohon sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi oleh redaksi detikJateng.)



Simak Video "Polisi Amankan Pemobil Pakai Pelat Nomor Dinas Polri Palsu di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)