Benarkah Hapus Email Bisa Kurangi Emisi Global? Ini Kata Pakar UNS Solo

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 20 Apr 2022 15:58 WIB
Businesswoman Checking E-mail Online on Laptop
Ilustrasi email. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel)
Solo -

Menjelang peringatan Hari Bumi pada 22 April 2022, media sosial Twitter sempat ramai dengan tagar Let The Earth Breathe, salah satunya gerakan menghapus email. Benarkah menghapus email bisa menyelamatkan bumi, ini kata pakar Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

"Listrik menyumbang 25 persen emisi global, email termasuk salah satunya. Ini karena menggunakan email, sama seperti apapun yang kita lakukan dengan menggunakan internet, menghasilkan emisi," ujar Dosen Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Yus Andhini Bhekti Pertiwi, S.Hut., M.Sc., Ph.D, dikutip dari website resmi UNS, Rabu (20/4/2022).

Sementara itu Dhini juga menerangkan email yang terkirim akan tersimpan dalam server. Dalam menjalankan server diperlukan listrik.


Dhini mengingatkan, listrik yang saat ini digunakan berasal dari bahan bakar fosil, sehingga pembakarannya menghasilkan CO2 dan gas rumah kaca lainnya.

"Dengan demikian, yang menjadi masalah adalah bukan emailnya tetapi sumber energi yang digunakan untuk menjalankan server tersebut, energi yang berasal dari bahan bakar fosil ataukah energi terbarukan," lanjut Dhini.

Yang Bisa Dilakukan Selain Hapus Email

Dhini kemudian ikut mengajak untuk tidak hanya sekadar menghapus email. Tetapi penting pula untuk membangun Eco-friendly email and internet habit.

Dalam keterangan yang sama, Dhini menyampaikan cara menghapus email, sebagai berikut:

  1. Masuk akun Gmail Anda.
  2. Pilih menu 'Kotak Masuk'.
  3. Pilih simbol kotak pada bagian kiri atas.
  4. Pilih kategori pesan yang ingin dihapus.
  5. Setelah mencentang pesan yang ingin dihapus, pilih simbol 'Hapus'.
  6. Pindah ke menu 'Sampah'
  7. Centang simbol kotak pada bagian kiri atas.
  8. Pilih 'Hapus Selamanya'


Simak Video "Kebakaran di UNS Solo, Mahasiswa Dievakuasi dari Jendela"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/ahr)