Jumlah Anak Nabi Adam AS beserta Nama-namanya

Jumlah Anak Nabi Adam AS beserta Nama-namanya

Azkia Nurfajrina - detikHikmah
Sabtu, 19 Nov 2022 12:30 WIB
kisah nabi adam
Ilustrasi Jumlah Anak Nabi Adam AS beserta Nama-namanya (Foto: Mindra Purnomo)
Jakarta -

Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang Allah ciptakan. Allah SWT mengajarkan Nabi Adam segala pengetahuan yang ada dan menurunkannya dari surga. Kemudian ia menjadi khalifah dan orang pertama yang hidup di bumi.

Abul Basyar yang artinya bapak manusia merupakan gelar Nabi Adam. Bersama istrinya, Hawa, ia memiliki sekian banyak anak dan seluruh umat manusia hingga saat ini merupakan keturunannya.

Jumlah Anak Nabi Adam AS

Penjelasan mengenai anak cucu Nabi Adam dipaparkan dalam buku Kisah Para Nabi oleh Ibnu Katsir. Ulama Ibnu Jarir Ath-Thabari menyebutkan dalam kitab Tarikhnya: "Hawa melahirkan anak-anak keturunan Adam sebanyak empat puluh anak dengan dua puluh kali kehamilan."

Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Ibnu Ishaq. Ada juga yang berpendapat bahwa Siti Hawa mengandung (hamil) sebanyak 120 kali. Setiap kali hamil, ia melahirkan dua anak kembar sepasang, laki-laki dan perempuan.

Setelahnya, anak cucu Nabi Adam dan Hawa bertebaran di muka bumi, dan jumlahnya terus bertambah hingga sekarang. Sebagaimana firman Allah dalam Surah An-Nisa ayat 1.

Surah An-Nisa ayat 1 Arab, Latin dan Terjemahan

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً

Arab Latin: yā ayyuhan-nāsuttaqụ rabbakumullażī khalaqakum min nafsiw wāḥidatiw wa khalaqa min-hā zaujahā wa baṡṡa min-humā rijālang kaṡīraw wa nisā`ā

Artinya: Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakanmu dari diri yang satu (Adam) dan Dia menciptakan darinya pasangannya (Hawa). Dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.

Dikatakan oleh para ahli sejarah bahwa Adam tidak wafat sebelum keseluruhan anak-anak dan cucu-cucunya berjumlah 400 ribu jiwa.

Ibnu Abi Khaitsamah mengemukakan bahwa Nabi Adam hidup selama 960 tahun. Dan Imam Nawawi dalam kitan Tahdzibnya berkata, "Mahsyur dalam kitab-kitab sejarah bahwa beliau hidup selama seribu tahun."

Nama-nama anak Nabi Adam AS

Disebutkan juga di buku Kisah Para Nabi, anak pertama Nabi Adam dan Siti Hawa adalah Qabil dan kembarannya Iqlima. Kemudian lahir sepasang berikutnya Habil dan Labuda

Ketika usia anak Nabi Adam mencapai dewasa, Allah SWT memerintahkannya untuk menikahkan setiap anak laki- laki dengan anak perempuannya secara silang. Allah tidak memperbolehkan anak-anak Adam untuk menikahi saudari kembarnya yang lahir bersamaan.

Anak Nabi Adam lainnya bernama Syits, dan ia mewarisi kenabian ayahnya. Ketika Adam dan Hawa ingin memiliki anak lagi, kemudian Allah memberi mereka Syits. Siti Hawa pun berkata: "Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habil yang telah dibunuh oleh Qabil."

Adapun anak bungsu Nabi Adam dan Hawa bernama Abdul Mughits dan kembarannya, Ummul Mughits.

Dalam Tafsir Al-Azhar Jilid 9 oleh Hamka, dikatakan dari riwayat Ibnu Asakir bahwa ada lima nama anak Nabi Adam AS yang dijadikan berhala oleh masyarakat bangsa terdahulu. Kelima namanya adalah Waddan, Sua'an, Yaghuts, Ya'uq, dan Nasr.

Semasa hidup kelima anak Nabi Adam itu, mereka merupakan hamba Allah yang taat juga baik sehingga jasa mereka banyak dikenang oleh orang-orang.

Namun setelah mereka meninggal, para pengikutnya masih saja mengingat-ingat perbuatan dan perilaku baik kelima anak Nabi Adam. Lama-kelamaan pujian orang-orang berubah menjadi pujaan dan menyembah mereka.



Simak Video "Panggung Rakyat NU Jadi Daya Tarik Antusiasme Rakyat Sidoarjo dan Sekitarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)