Kapal Angkut Semen Tenggelam di Laut Bima Diduga Ada Masalah Mesin

Tim detikBali - detikBali
Minggu, 08 Mei 2022 07:01 WIB
ABK Kapal tenggelam yang berhasil diselamatkan
ABK Kapal yang berhasil diselamatkan. (Foto: Humas Polres Bima Kota)
Bima -

Satu unit kapal motor yang mengangkut semen tenggelam di laut Bima, tepatnya di perairan sebelah Utara Pulau Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Wicaksono mengatakan kapal mengalami kebocoran pada kamar mesin ketika melintas di laut Flores sejak Sabtu (7/5/2022) dini hari.

Karena berada di tengah laut, kapten kapal kemudian mengarahkan kapal ke arah utara Laut Sangiang yang jaraknya 2 mil.


Sesampainya di lokasi kejadian, mesin kapal langsung mati dengan sendirinya hingga akhirnya tenggelam.

"ABK sempat melakukan pompa manual menggunakan Alvin sebanyak 2 Unit, pompa jekip 3 unit sampai dengan pukul 08.00 Wita, namun petugas tidak bisa mengatasi debit air yang mengalami kebocoran di kamar mesin. Akan tetapi mesin kapal mati dengan sendirinya, kapal mulai tenggelam pada pukul 08.30 Wita sampai dengan 10.30 Wita," jelasnya.

Di tengah proses tenggelam, Kapten Kapal memanggil petugas dengan menggunakan signal SOS. Beruntung signal tersebut langsung ditangkap oleh petugas yang berada di pesisir laut Wera. Hingga akhirnya seluruh ABK dapat diselamatkan.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada Sabtu (7/5/2022) itu, seluruh ABK dilaporkan selamat. Namun kapal dan 2.300 ton semen tenggelam.


"Betul kapal tenggelam dan anak buah kapal selamat semua. Crew kapal yang berjumlah 18 orang dapat dievakuasi dan dijemput menggunakan perahu bot dan di evakuasi menuju Pelabuhan Sape oleh Personel Polsek Sape, Personel Polsek Lambu, Personel Pop Airud dan Personel TNI AL," katanya.


Seperti diketahui, KM Permata Asia GT 1381 itu bergerak dari Sulawesi menuju Waikelo, Nusa Tenggara Timur (NTT) memuat semen tonasa sebanyak 2.300 ton.



Simak Video "Kapal Berpenumpang 22 Orang Kecelakaan di Inhil Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)