Dinas Pariwisata Bali Telusuri Sumber Polusi Suara di Canggu

Dinas Pariwisata Bali Telusuri Sumber Polusi Suara di Canggu

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Selasa, 13 Sep 2022 16:49 WIB
epala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun ketika ditemui detikBali beberapa waktu lalu
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun. Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri.
Denpasar -

Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menelusuri sumber polusi suara di Canggu, Kuta Utara, Badung, Bali. Bisingnya suara musik dari restoran, bar, dan kelab malam di kawasan pariwisata itu menjadi perhatian Pemerintah Bali.

"Hal-hal begini harus cepat kami tanggapi, atensi, dan telusuri," kata Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun, ketika dihubungi detikBali, Selasa (13/9/2022).

Sebelumnya, sebuah petisi atau surat terbuka berjudul 'Basmi Polusi Suara di Canggu' muncul di situs Change.org. Pembuat petisi, P. Dian, mengeluhkan adanya pesta yang digelar setiap hari di kawasan pariwisata itu. Hingga Selasa (13/9/2022) pukul 15.45 Wita sebanyak 7.473 orang yang menandatangani petisi tersebut.

"Suara menggelegar dari bar-bar terbuka baik di Batu Bolong maupun di Brawa, bersebelahan dengan pura-pura suci Bali, sebegitu kerasnya sehingga membuat kaca-kaca jendela dan pintu bergetar," tulis Dian dalam petisinya. Petisi itu ditujukan kepada Presiden Jokowi, Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Bali Wayan Koster, hingga para pemegang kepentingan dan tokoh adat Bali.


Tjok Pemayun tak memungkiri adanya restoran dan bar di kawasan pariwisata yang kerap menyetel musik dengan keras hingga larut malam. Dinas Pariwisata berharap para pengelola restoran hingga bar mengikuti regulasi.

Tjok Pemayun menjelaskan pada pagi hingga siang hari wisatawan di Bali biasanya melakukan olahraga wisata. Namun, malam hari, mereka suka berkumpul dengan teman-temannya. "Tentu kumpul-kumpul ini pun tetap kami atur baik dari suara dan lainnya karena negara kita negara berdaulat yang memiliki regulasi," tuturnya.



Simak Video "Canggu Primadona Baru Pergaulan di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(gsp/gsp)