Cak Imin Ungkap Dua Parpol Akan Gabung Koalisi Gerindra-PKB

tim detikNews - detikBali
Rabu, 17 Agu 2022 06:50 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiba di gedung KPU, Senin (8/8/2022). Kedua tokoh tiba di KPU untuk mendaftarkan partai mereka sebagai calon peserta Pemilu 2024.
Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Foto: Agung Pambudhy
Bali -

Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengungkap dua partai politik (parpol) akan bergabung koalisi Gerindra dan PKB. Mereka disebut akan bergabung paling lambat akhir tahun 2022.

Cak Imin mengungkapkan, saat ini koalisi Gerindra-PKB masih menunggu dua hal sebelum memutuskan capres dan cawapres. Salah satunya terkait rencana partai yang akan gabung koalisi.

"Keputusannya nunggu dua, pertama nunggu (partai lain) gabung koalisi, kalau sudah bertambah kami ajak diskusi, kalau saya kasih deadline akhir tahun ini partai harus nambah. Setelah partai nambah, kami ajak diskusi memutuskan (capres dan cawapres)," kata Cak Imin kepada wartawan di Gedung DPR/MPR, Selasa (16/8/2022), dilansir dari detikNews.


Menurut Cak Imin, hingga saat ini ada dua partai yang intensif menjalin komunikasi untuk bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB. Meski begitu, ia belum membocorkan partai apa yang akan gabung koalisi.

"Sudah ada dua partai yang intensif, moga-moga positif, moga-moga jadi. Saya belum bisa buka sekarang, kalau dibuka enggak jadi masuk. Kalau disebutkan (partai parlemen atau non parlemen) bahaya itu," ucapnya.

Wakil Ketua DPR RI ini mengatakan, koalisi Gerindra-PKB saat ini masih membicarakan terkait siapa capres 2024. Ia menyebut dirinya dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih pada posisi sejajar.

"Itu kesimpulannya masih dalam proses, Pak Prabowo sama saya punya tugas di koalisi untuk berbicara lebih lanjut, per hari ini sama-sama capresnya, sama-sama capresnya," ujar Cak Imin.



Simak Video "Prabowo: PKB Adalah Anak Kandung dari NU"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)