Pangeran Charles Disebut Terima Donasi Rp 18 M dari Osama Bin Laden

Tim detikNews - detikBali
Senin, 01 Agu 2022 13:11 WIB
Pangeran Charles
Pangeran Charles. Foto: Instagram @clarencehouse
Denpasar -

Pangeran Wales Charles Philip Arthur George disebut menerima uang donasi 1,2 juta dollar AS atau Rp 18 miliar dari keluarga Osama Bin Laden. Pewaris tahkta Kerajaan Inggris itu menerima uang donasi setelah dua tahun Osama Bin Laden tewas.

Osama Bin Laden adalah pendiri kelompok teroris Al Qaeda.

Dikutip dari detikNews yang dilansir kantor berita BBC, Senin (1/8/2022), uang donasi yang diterima pada 2013 melalui yayasan Dana Amal Pangeran Wales (PWCF).


Clarence House mengatakan telah diyakinkan oleh PWCF bahwa "uji tuntas menyeluruh" telah dilakukan, dan keputusan untuk menerima uang berada di tangan para wali.

"Setiap upaya untuk mengkarakterisasi itu sebaliknya adalah salah," katanya kepada BBC.

Menurut laporan itu, Pangeran Charles menerima uang langsung dari Bakr Bin Laden, yang mengepalai keluarga kaya Saudi, dan saudara laki-laki Bakr, Shafiq, setelah pertemuan dengan Bakr di Clarence House.

"Dia mengambil uang itu meskipun ada keberatan dari para penasihat di Clarence House dan PWCF," lapor Sunday Times, mengutip berbagai sumber.

Namun, Sir Ian Cheshire, ketua PWCF, mengatakan kepada surat kabar bahwa donasi tahun 2013 telah disetujui dan dipertimbangkan dengan cermat oleh lima wali pada saat itu.

"Keputusan untuk menerima donasi diambil sepenuhnya oleh para wali. Setiap upaya untuk menyarankan sebaliknya adalah menyesatkan dan tidak akurat," lanjut sumber tersebut.

PWCF memberikan hibah kepada organisasi nirlaba yang terdaftar di Inggris untuk memberikan proyek di Inggris, Persemakmuran, dan luar negeri.



Simak Video "Senyum Camilla di Foto Terbaru yang Dirilis Kerajaan Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)