Sepakat Damai, Iko Uwais Bebas dari Kasus Dugaan Pengeroyokan

Tim detikNews - detikBali
Selasa, 12 Jul 2022 17:12 WIB
Iko Uwais usai jalani pemeriksaan terkait dugaan pengeroyokan di Polres Metro Bekasi Kota, Jumat (17/6/2022) malam.
Iko Uwais dan pelapor sepakat damai atas kasus dugaan pengeroyokan. Foto: Iko Uwais (Fakhri Fadlurrohman/detikcom)
Bali -

Aktor Iko Uwais akhirnya bernapas lega. Pasalnya, Iko Uwais dan pelapor sepakat damai atas kasus dugaan pengeroyokan yang menyeret nama sang aktor tersebut. Keduanya sama-sama mencabut laporan polisi.

"Kasus yang dilaporkan Saudara Rudi dengan terlapor Iko Uwais ini disepakati oleh dua belah pihak menemui titik temu perdamaian. Dengan adanya kesepakatan, kedua belah pihak sepakat mencabut laporannya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Zulpan menyebut pihaknya menerapkan langkah restorative justice mengingat kedua belah pihak telah sepakat berdamai. Kasus tersebut kini sudah disetop dan tidak dinaikkan ke tahap berikutnya.


"Sehingga penanganan secara hukum yang dilakukan oleh penyidik ini adalah dengan menggunakan Perpol Kapolri Tahun 2001 tentang Restorative Justice," ungkap Zulpan.

"Kasus ini tidak dinaikkan ke tahap berikutnya karena sudah ada kesepakatan damai dari mereka yang berperkara," imbuhnya.

Sebelumnya, Polres Metro Bekasi Kota telah memeriksa tiga saksi tambahan di kasus dugaan pengeroyokan Iko Uwais. Polisi segera melakukan gelar perkara dan menuntaskannya pekan ini.

"(Tiga saksi) sudah diperiksa semua, saksi ahli sudah diperiksa. Hasil visum sudah ada tinggal digelarkan sekarang dalam proses penyidikan. Dalam seminggu ini akan tuntas," ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki, Senin (4/7/2022).



Simak Video "Polisi Belum Terima Permohonan Restorative Justice di Kasus Iko Uwais"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)