7 PTN yang Alumninya Paling Mudah Dapat Kerja Versi QS GER 2022

Tim detikEdu - detikBali
Kamis, 07 Jul 2022 21:12 WIB
Undip buka PSSB atau Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi
Foto: Universitas Diponegoro (Doc. undip.ac.id)
Jakarta -

Calon mahasiswa berbondong-bondong ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Salah satu alasannya adalah jika sudah lulus dianggap lebih mudah mendapatkan kerja bagi. Berdasarkan lembaga pemeringkatan universitas Quacquarelli Symonds yang mengeluarkan QS Graduate Employability Rankings (GER) 2022, ada 7 PTN di Indonesia yang memiliki lulusan cepat dapat kerja.

Adapun pemeringkatan dari QS GER 2022 menggunakan indikator Partnerships with Employers (25%), Graduate Employment Rate (10%), Employer-Student Connections (10%), Alumni Outcomes (25%), dan Employer Reputation (30%).

Daftar 7 PTN yang Alumnus Cepat Dapat Kerja Versi QS GER 2022:


1. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip merupakan PTN di Indonesia dengan lulusan paling mudah dapat kerja dengan peringkat 251-300 di dunia versi QS GER 2022. Universitas yang berada di Semarang, Jawa Tengah ini memiliki 11 Fakultas yang cukup diminati calon mahasiswa, tidak hanya wilayah Jawa Tengah tetapi seluruh Indonesia.

2. Universitas Indonesia (UI)

PTN dengan lulusan mudah dapat kerja selanjutnya adalah Universitas Indonesia (UI). Kampus ini menempati peringkat 251-300 dunia versi QS GER 2022. UI memiliki program yang cukup lengkap mulai dari Diploma, Sarjana, Pascasarjana, Vokasi, dan Internasional. PTN yang dikenal dengan kampus kuning inipun memiliki cukup banyak peminat setiap tahunnya dari para calon mahasiswa se-Indonesia.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Urutan ketiga ada Unair yang berada di Surabaya, Jawa Timur juga memiliki lulusan yang mudah dapat kerja. Unair mendapat peringkat 301-500 dunia versi QS GER 2022.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Lanjut ke PTN favorit di Bandung yang menjadi kampus Presiden RI pertama Soekarno. Ya, ITB mendapat urutan keempat PTN dengan lulusan mudah dapat kerja dengan peringkat 301-500 dunia versi QS GER 2022.

ITB memiliki banyak prodi yang dapat dipilih, diantaranya Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Geologi, Astronomi, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Manajemen, hingga Teknik Elektro.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM jadi urutan kelima PTN dengan lulusan mudah dapat kerja yang mendapat peringkat 301-500 versi QS GER 2022. Kampus berlambang gajah di DI Yogyakarta ini juga tak kalah diminati calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Banyak alumnus UGM yang berkiprah baik di pemerintahan maupun swasta. Salah satunya Presiden Joko Widodo yang merupakan insinyur kehutanan dari UGM.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Di posisi keenam ada ITS yang menempati peringkat 301-500 dunia versi QS GER 2022. Universitas yang juga berada di Surabaya ini tak kalah diminati para calon mahasiswa di Indonesia. ITS terkenal dengan jurusan tekniknya, mulai dari Teknik Kimia, Teknik Sistem dan Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Biomedik, dan lainnya.

7. Universitas Brawijaya (UB)

Terakhir yaitu PTN dengan urutan ketujuh yang memiliki lulusan mudah dapat kerja adalah Unibraw. Kampus yang berlokasi di kota Malang ini menempati peringkat 501+ dunia versi QS GER 2022.

Itulah 7 PTN di Indonesia yang memiliki lulusan mudah dapat kerja versi QS GER 2022. Dikutip dari laman resminya, pemeringkatan ini dibuat sebagai bahan pertimbangan memilih kampus yang dapat membantu kamu dalam prospek karir masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk detikers ya!



Simak Video "Keren! 33 Rektor Indonesia Nyanyi Bareng 'Rumah Kita'"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)