Cepat dan Murah, Ini 8 Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

tim detikHealth - detikBali
Kamis, 07 Jul 2022 22:35 WIB
ilustrasi jerawat
Ilustrasi permasalahan kulit berjerawat. Cepat dan Murah, Ini 8 Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat. Foto: shutterstock
Bali -

Punya jerawat bandel? Tenang, Anda bisa mencoba menghilangkan jerawat dengan 9 bahan alami ini. Jerawat jadi cepat hilang, bahan-bahannya pun murah dan mudah didapat.

Jerawat dapat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat atau terinfeksi bakteri. Kondisi ini adalah masalah kulit yang paling umum terjadi karena hampir sebagian besar orang pasti mengalaminya.

Ada banyak metode untuk menghilangkan jerwat, mulai dari perawatan dokter, pemakaian skincare, minyak esensial, suplemen alami, hingga menggunakan bahan alami. Dilansir dari detikHealth, berikut ini 9 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel.


1. Tomat

Kandungan vitamin A dan C pada tomat membantu menghilangkan jerawat. Caranya, ambil satu buah tomat, potong menjadi dua bagian. Kemudian, oleskan tomat ke seluruh permukaan kulit wajah, lalu diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

2. Alpukat

Kandungan vitamin E pada alpukat mampu melembutkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Gunakan alpukat sebagai masker jerawat. Caranya, haluskan buah alpukat, lalu tambahkan satu sendok madu. Oleskan campuran ini ke wajah, diamkan 20 sampai 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Kulit Jeruk

Kandungan vitamin A dan C pada kulit jeruk mampu menghilangkan jerawat secara alami. Caranya, jemur kulit jeruk hingga kering, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air, lalu oleskan bubuk kulit jeruk ke wajah seperti menggunakan masker. Diamkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Bawang Putih

Bawang putih bisa membantu mengobati infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan kuman dan bakteri, karena mengandung senyawa organosulfur. Caranya, potong satu siung bawang putih menjadi beberapa bagian, kemudian tempelkan pada jerawat. Tunggu selama 15 menit, lalu bersihkan.

5. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, sehingga bisa menghilangkan jerawat. Teh hijau dapat membantu membersihkan beberapa kotoran dan limbah yang menumpuk di luka jerawat terbuka. Caranya, oleskan air rebusan teh hijau dengan kapas. Diamkan sejenak selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Lidah Buaya

Menurut penelitian, gel lidah buaya biasa digunakan untuk mengobati lecet, ruam, luka bakar, dan peradangan kulit. Lidah buaya mengandung asam salisilat dan belerang, keduanya digunakan secara luas dalam pengobatan jerawat. Cara menggunakannya, kerok gel dari tanaman lidah buaya dengan sendok. Oleskan gel tersebut langsung ke kulit yang bersih sebagai pelembab. Ulangi 1 hingga 2 kali per hari agar hasilnya maksimal.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri yang dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan atau pembengkakan. Minyak kelapa juga dapat mempercepat penyembuhan luka jerawat terbuka. Caranya, oleskan minyak kelapa murni langsung ke area yang berjerawat.

8. Madu

Madu telah digunakan untuk mengobati kondisi kulit selama ribuan tahun. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu membersihkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat. Cara penggunaannya, teteskan madu pada kapas, lalu gosokkan secara perlahan ke jerawat. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.



Simak Video "Enggak Cuma BBM, Indonesia Bisa Gunakan 3 Sumber Energi Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)