Pria Asal Duda Karangasem Ditemukan Tewas Gantung Diri di Kebun

I Wayan Selamat Juniasa - detikBali
Kamis, 16 Jun 2022 18:43 WIB
ilustrasi
Foto: ilustrasi (Dok.Detikcom)
Karangasem -

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bila Anda, pembaca, merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu, seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

Seorang pria yang berinisial IGA (48) ditemukan tewas dengan cara gantung diri di kebun milik Nyoman Suarta di Banjar Dinas Jangu, Desa Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem pada Kamis (16/6/2022) siang, sekitar pukul 13.00 WITA.

Kapolsek Selat, AKP Bambang Haryanto mengatakan bahwa mendiang IGA ditemukan pertama kali dalam posisi tergantung di pohon gamal oleh seseorang yang saat itu akan berburu burung. Melihat ada yang gantung diri, saksi kemudian memberi tahu saksi Ngurah Sekar untuk mengecek ke lokasi.


"Saat ditemukan, mendiang IGA sudah dalam keadaan meninggal dunia dengan cara gantung diri menggunakan tali plastik warna biru di sebuah pohon gamal," kata AKP Bambang Haryanto.

Setelah mendiang ditemukan dalam posisi tergantung, beberapa warga kemudian datang ke lokasi kejadian dan anak kandung dari saksi langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Selat untuk dilakukan penanganan. Tidak lama berselang personel dari Polsek Selat dan juga tim medis dari Puskesmas Selat tiba di lokasi kejadian dan langsung menurunkan mendiang IGA untuk dilakukan pemeriksaan.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim medis dari Puskesmas Selat tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan dalam tubuh korban sehingga bisa dipastikan mendiang IGA meninggal murni karena gantung diri," ucap AKP Bambang Haryanto.

Ia menambahkan, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga yang ditemui mendiang IGA nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri diduga karena terlilit ekonomi terkait utang piutang.

"Berdasarkan keterangan dari pihak keluarga mendiang IGA dikatakan punya utang dan tidak mampu bayar diduga itu yang membuatnya nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Selain itu pihak keluarga juga mengaku sudah ikhlas dan menolak untuk dilakukan autopsi. Saat ini mendiang sudah berada dirumah duka sembari mencari hari baik untuk dimakamkan," kata AKP Bambang Haryanto.



Simak Video "Nahas Kakek 64 Tahun Dikira Hanyut, Ternyata Gantung Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)