Dear Wisatawan, Wisata di Sumut Kini Bisa Dicek di Aplikasi Disumutaja

Dear Wisatawan, Wisata di Sumut Kini Bisa Dicek di Aplikasi Disumutaja

Kartika Sari - detikSumut
Selasa, 13 Sep 2022 23:02 WIB
Danau Toba
Foto: (Kemenparekraf)
Medan -

Berwisata di Sumatera Utara kian mudah dengan hadirnya aplikasi Disumutaja. Melalui aplikasi ini, wisatawan domestik ataupun mancanegara dapat memilih destinasi wisata dengan praktis.

Kadisbudpar Sumut Zumri Sulthony mengungkapkan bahwa aplikasi yang digagas oleh Disbudpar Sumut ini akan mengintegrasikan potensi wisata di 33 kabupaten/kota Sumatera Utara.

"Kami melihat pariwisata di Sumut itu belum terintegrasi. Aplikasi ini mampu menampilkan potensi wisata di 33 kabupaten/kota, jadi turis lokal maupun asing yang ingin tahu Sumut bisa melihat dari aplikasi ini," ungkap Zumri Sulthony kepada detikSumut, Selasa (13/9/2022).


Menariknya, aplikasi 'Disumutaja' tak hanya menampilkan objek wisata andalan, namun juga penginapan maupun restoran khas daerah setempat.

Terkait hal ini, Zumri mengatakan bahwa nantinya setiap Dinas Pariwisata kabupaten/kota akan menjadi admin dalam aplikasi tersebut.

"Tidak hanya objek wisata, wisatawan bisa memilih hotel ataupun restoran di dalam aplikasi tersebut. Itu akan terus update, makanya kita ada undang dari beberapa kabupaten/kota yang akan menjadi admin dalam aplikasi ini. Jadi di setiap kabupaten akan ada admin yang akan selalu mengupdate potensi wisata di wilayah masing-masing," tuturnya.

Baru saja launching, Zumri mengakui bahwa saat ini aplikasi 'Disumutaja' masih akan terus dibenahi dan di-update agar turis lokal maupun asing dapat nyaman menggunakan aplikasi asli Sumut ini.

Selain itu, Zumri juga mengatakan bahwa aplikasi ini juga akan disosialisasikan seperti di bandara ataupun tempat wisata agar dapat menarik wisatawan menjadi pengguna aplikasi ini.

"Kita akan terus sebarkan ke siapa aja yang mau ke Sumut termasuk ke wisatawan mancanegara. Contoh kita akan letakkan info di bandara, jadi begitu penumpang ini landing, dia tinggal scan barcode saja untuk masuk ke sistem ini. Jadi dia bisa cari tahu tentang Sumut," jelasnya.

Aplikasi ini nantinya tidak hanya menguntungkan wisatawan saja, namun juga para pelaku pariwisata yang tergabung dalam aplikasi 'Disumutaja' untuk meningkatkan geliat perekonomian di daerah setempat.

"Kita akan lakukan bertahap dalam jangka panjang. Nanti juga kita akan undang komunitas ataupun asosiasi. Nanti mereka bisa menaruh produk mereka di aplikasi ini," kata Zumri.

Aplikasi 'Disumutaja' sudah dapat diunduh di playStore dan sudah diunduh sebanyak 100 lebih pengguna pada awal peluncurannya. Bagi detikers yang baru mengunduh aplikasi ini, dapat langsung melakukan registrasi akun.

Setelah registrasi, pengguna akan dibawa ke halaman utama untuk dapat memilih wisata populer ataupun kegiatan favorit yang biasa dilakukan di tempat wisata setempat.

Adapun objek wisata yang dapat direkomendasikan seperti Bukit Lawang Langkat, Istana Niat Lima Laras Batubara, Pulau Berhala, Pulau Mursala maupun wisata alam Aek Sordam di Labura.

Menariknya, objek wisata yang sudah terintegrasi di aplikasi ini, wisatawan dapat mengetahui alamat secara rinci, kontak pengelola wisata, maupun aktivitas yang dapat dilakukan ketika berada di objek wisata tersebut.

Selain objek wisata, pengguna juga dapat memilih santapan kuliner lezat baik Medan maupun luar kota Medan seperti Ucok Durian, Sipirok Restaurant, maupun Rumah Makan Elshadove dan Resto Apung di Nias.



Simak Video "Perawat di Medan Dilecehkan di Ruang ICU Rumah Sakit, Ini Pelakunya!"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)