Ini Pemicu Bentrokan Polisi Vs Warga di Lampung Tengah

Ini Pemicu Bentrokan Polisi Vs Warga di Lampung Tengah

Tommy Saputra - detikSumut
Selasa, 22 Nov 2022 09:53 WIB
Lampung Tengah -

Bentrokan antara warga dengan polisi terjadi di Pubian, Lampung Tengah, Senin (21/11). Bentrokan dipicu kemarahan warga saat polisi hendak menangkap delapan orang yang menjadi provokator dalam peristiwa pembakaran kantor PT Gunung Aji Jaya pada Sabtu lalu.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan bentrokan ini berawal saat ada kerumunan massa di salah satu rumah di Kampung Gunung Raya, Kecamatan Pubian pada Senin pagi.

"Pukul 08.00 ada sekitar 30 warga berkumpul pasca kejadian pembakaran di kantor perkebunan PT Gunung Aji Pubian. Setengah jam kemudian, jumlah massa menjadi 100 orang lalu pergi ke arah Kampung Tanjung Kemala," kata Pandra.


Jumlah massa semakin banyak begitu bergerak ke arah PT Gunung Aji Pubian melalui Kampung Negeri Ratu, Kecamatan Padang Ratu. Pukul 12.00, massa terlihat membubarkan diri.

Pandra menambahkan, sekitar pukul 15.30 WIB tim Inafis melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) di sekitar lokasi kantor perkebunan PT Gunung Aji Pubian.

Di saat bersamaan, Tim Resmob dan Tekab 308 melakukan patroli di wilayah Kecamatan Pubian dan mendapatkan informasi adanya konsentrasi massa yang membawa berbagai senjata tajam.

"Di antara massa itu, ada juga delapan orang warga yang diduga melakukan provokasi perusakan dan pembakaran pada kejadian hari Sabtu kemarin," kata Pandra.

Saat hendak diamankan untuk diperiksa lebih lanjut, kerumunan massa justru menyerang anggota kepolisian dan mengejar menggunakan senjata tajam.

Pandra menambahkan kerumunan massa berhasil dibubarkan tanpa ada korban dari kedua belah pihak. Sedangkan delapan orang yang diduga menjadi provokotor saat ini masih didalami oleh anggota kepolisian.

Hingga saat ini, polisi masih melakukan penjagaan di wilayah tersebut untuk mengantisipasi aksi susulan.

(mud/mud)