HUT Ke-61 Pramuka, Wagub Sumbar: Adik-adik Pramuka Harapan Bangsa

Sumatera Barat

HUT Ke-61 Pramuka, Wagub Sumbar: Adik-adik Pramuka Harapan Bangsa

Angga Laraspati - detikSumut
Rabu, 19 Okt 2022 12:00 WIB
Pemprov Sumbar
Foto: dok. Pemprov Sumbar
Jakarta -

Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat menggelar Giat Prestasi Daerah Sumbar (GPD) 2022 yang digelar mulai 18 hingga 22 Oktober mendatang. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61.

Rangkaian yang mengangkat tema 'Transformasi Gerakan Pramuka Menuju Era Digital' ini diawali dengan malam pembukaan bertajuk 'Tuah Sakato'. Kegiatan itu berlangsung meriah dengan pertunjukan berbagai atraksi seni dan budaya, dikemas secara apik di GOR Kota Solok. Kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Hari Pramuka dan beragam lomba Giat Prestasi Kepramukaan.

Wakil Gubernur Sumatera Barat yang juga Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Audy Joinaldy mengungkapkan kebanggaannya atas penyelenggaraan Malam Tuah Sakato yang begitu semarak.


Ia pun mengapresiasi kepada seluruh panitia, tamu undangan dan para Pramuka penggalang yang turut serta dalam kegiatan kali ini.

"Acara ini keren banget, luar biasa. Adik-adik Pramuka ini adalah harapan bangsa, harapan Sumatera Barat. Tugas utama adik-adik saat ini adalah belajar dengan baik, buat bangga orang tua, keluarga, dan sekolah. insyaallah kelak adik-adik akan membanggakan Indonesia," kata Audy dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10/2022).

Sementara itu, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Bachtiar Utomo juga memberikan apresiasi pada malam pembukaan tersebut. Menurutnya acara tersebut membuktikan pandemi yang lalu tidak mengurangi semangat pelaksanaan kegiatan Pramuka sebagai bagian kegiatan pendidikan informal.

Ia menuturkan tahun ini Kwarnas Gerakan Pramuka juga telah melaksanakan beberapa kegiatan kepramukaan nasional, antara lain Perkemahan Wirakarya Nasional di Jambi, Perkemahan Jambore Nasional ke XI di Bumi Perkemahan Cibubur, dan Perkemahan Antar Satuan Karya di Bangka Belitung. Disusul Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara pada November mendatang.

Bachtiar mengungkapkan pada 2023 nanti juga akan Jambore Dunia di Korea Selatan. Ia berharap Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar dapat turut berpartisipasi mengirimkan kontingen bersama-sama Kwartir Daerah lainnya dari seluruh Indonesia.

"Kwarnas akan mengirimkan 1.400 orang Pada Jambore Dunia di Korea Selatan nanti. Ini adalah kontingen terbesar sepanjang sejarah kepramukaan nasional. Tentu kita berharap Sumatera Barat dapat ikut berpartisipasi," ungkapnya.

Giat Prestasi Daerah Sumbar 2022 ini adalah sarana pendidikan dan keterampilan, terutama bagi Pramuka penegak dan berkebutuhan khusus yang dikemas dalam kegiatan perlombaan yang menarik dan riang dengan metode pamong.

GPD Sumbar 2022 diikuti oleh masing-masing regu yang beranggotakan Pramuka penggalang 8 putra dan 8 putri, Pramuka berkebutuhan khusus 3 putra dan 3 putri, Pembina pendamping penegak 1 putra dan 1 putri, Pembina pendamping berkebutuhan khusus 1 putra dan 1 putri, serta tamu undangan dan masyarakat pengunjung.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Komisi Kesakaan Sako dan Gugus Dharma Yuniar Luthfi, ketua-ketua Kwartir Cabang Se-Sumatera Barat, Timbalan Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negeri Sabah Malaysia dan ratusan pramuka penggalang dari 19 kabupaten dan kota.



Simak Video "Ganjar Ingatkan Bahaya Nikah Dini: 'Ojo Kawin Bocah'"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)