Pemohon Meningkat, Imigrasi Sibolga Perkuat dengan Eazy Paspor

Datuk Haris Molana - detikSumut
Kamis, 02 Jun 2022 21:00 WIB
Imigrasi Sibolga hadirkan layanan Eazy Paspor di Kantor DPRD Tapanuli Selatan
Imigrasi Sibolga hadirkan layanan Eazy Paspor di Kantor DPRD Tapanuli Selatan (Foto: istimewa)
Sibolga -

Animo masyarakat yang melakukan pengurusan paspor di Imigrasi Sibolga dilaporkan meningkat. Untuk mengantisipasi keramaian, Imigrasi setempat pun memperkuat dengan eazy paspor.

"Kalau secara keseluruhan mengalami peningkatan dengan wilayah kerja kami 12 kota-kabupaten. Kantor Imigrasi Sibolga dibantu dua Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Gunung Sitoli, Nias dan Mandailing Natal mengalami peningkatan," kata Kepala Imigrasi Sibolga Saroha Manullang dimintai konfirmasi, Kamis (2/6/2022).

Saroha mengatakan dengan adanya peningkatan tersebut, pihaknya pun mengantisipasi dengan memakai sistem eazy paspor. "Kita perkuat dengan eazy paspor," sebut Saroha.


Saroha mengatakan pelayanan seperti ini merupakan komitmen pihaknya hadir untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat. Apalagi, wilayah kerja Imigrasi Sibolga berada di 12 kabupaten-kota yakni Sibolga, Padang Sidempuan, Gunung Sitoli, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Nias, Nias Selatan, Nias Barat dan Nias Utara

"Inilah beberapa komitmen kita menghadirkan dengan mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat dengan hadir di tempat mereka. Karena wilayah kerja Imigrasi Sibolga adalah 12 kota-kabupaten," ujarnya.

Selanjutnya, Saroha juga menjelaskan soal sistem antrean online lewat M-paspor. Dia menyebut sejauh ini sudah optimal.

"Sudah. Dan bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses M-Paspor tersebut kita siapkan petugas kita untuk melayaninya secara walk in dengan sebutan 'duta pelayanan imigrasi'. Dan masyarakat yang datang langsung pun ke kantor akan tetap kita layani karena mereka sudah jauh-jauh datang," ujar Saroha.

Untuk diketahui, eazy paspor sendiri adalah pelayanan permohonan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling dan/atau mobile unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI).

Berikut data statistik paspor Kantor Imigrasi Sibolga sejak bulan Maret 2022 hingga Mei 2022:

Statistik penerbitan paspor Kanim Sibolga Tahun 2022

1. Bulan Maret:
Baru: laki-laki: 24, perempuan: 26
Ganti: laki-laki: 24, perempuan: 37
Total: 111

2. Bulan April:
Baru: laki-laki: 22, perempuan: 49
Ganti: laki-laki: 51, perempuan: 56
Total: 178

3. Bulan Mei:
Baru: laki-laki: 63, perempuan: 99
Ganti: laki-laki: 74, perempuan: 103
Total: 339



Simak Video "Momen Kericuhan Polisi-Warga saat Eksekusi Kafe di Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(dhm/astj)