Pemkab Taput Ikuti Arahan Presiden Soal Bebas Masker di Area Terbuka

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikSumut
Rabu, 18 Mei 2022 15:44 WIB
Asian Woman wears a facial mask and she look you
Ilustrasi memakai masker. (Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999)
Tapanuli Utara -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara (Taput) mengikuti arahan Presiden Joko Widodo soal penggunaan masker. Warga Taput sudah bebas tak menggunakan masker di ruang terbuka.

"Sesuai arahan Pak Presiden tersebut, artinya pemerintah tidak lagi represif untuk mengharuskan memakai atau tidak memakai," kata Bupati Taput Nikson Nababan kepada detikSumut, Rabu (18/5/2022).

Nikson mengatakan dengan kelonggaran ini maka Pemkab Taput tidak akan lagi mengeluarkan anggaran untuk membeli masker.


"Tentu juga tidak ada lagi anggaran-anggaran untuk pengadaaan masker," sebutnya.

Pun begitu, pihaknya belum berencana mengeluarkan aturan sendiri terkait penggunaan masker itu. Nikson mengatakan aturan penggunaan masker ini nantinya akan disesuaikan dengan kondisi perkembangan kasus Corona di Taput.

"Karena bisa saja ada varian baru lagi," jelasnya.

Untuk diketahui, pada tanggal 16 Mei 2022 Satgas COVID-19 Sumut mencatat hanya ada 1 kasus aktif Corona di Tapanuli Utara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan kebijakan terkait pelonggaran penggunaan masker. Masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan diperbolehkan tidak memakai masker.

Pelonggaran masker ini bisa diterapkan jika area terbuka itu tidak dipadati orang. Sementara warga yang berada di ruangan tertutup masih wajib menggunakan masker.



Simak Video "Menkes Sebut Indonesia Berpeluang Bebas Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/dpw)