Bernardo Sindir STY, Performa 3 Pemain PSM Turun Usai Balik dari TC Timnas

PSM Makassar

Bernardo Sindir STY, Performa 3 Pemain PSM Turun Usai Balik dari TC Timnas

Alfiandis - detikSulsel
Selasa, 13 Sep 2022 09:00 WIB
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares pada sesi prescon sebelum melawan Kuala Lumpur City FC di final zona ASEAN AFC Cup 2022.
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares menyindir Shin Tae Yong, usai 3 pemainnya mengalami penurunan performa setelah kembali dari Training Camp (TC) Timnas Indonesia U-20. Bernardo menyebut intensitas dan agresivitas ketiga pemainnya mengalami perubahan.

"Dari pengamatan saya setelah mereka kembali dari timnas, pada saat mereka masuk di tim, mereka seperti di belakang (tertinggal) dari pemain kita di sini dari segi intensitas dan juga keagresifan," terang Bernardo Tavares di sela latihan PSM Makassar, di Stadion Kalegowa, Gowa, Senin (12/9/2022).

Pemanggilan ketiga pemain Juku EJa ini merupakan rangkaian dari persiapan Garuda Muda melakoni laga Kualifikasi Piala AFC 2023 pada 14-18 September 2022.


Sejatinya, Bernardo mendukung penuh para pemainnya yang mendapat kesempatan bergabung dengan Timnas Indonesia. Sebab hal itu ia nilai akan memberikan rasa percaya diri dan bangga kepada pemain tersebut.

"Tentu saja kita mau pemain-pemain kita ada di tim nasional, itu akan menjadi kebanggaan tersendiri," paparnya.

Akan tetapi, pelatih berlisensi UEFA Pro ini menyayangkan pemanggilan pemainnya tidak dibarengi dengan kesempatan bermain yang diberikan. Terutama Ricky Pratama yang sama sekali tidak diturunkan STY, sementara Rafli dan Edgar telah merasakan atmosfer Piala AFF U-19.

"Saya cuma mau sampaikan adalah, mereka sebelumnya bawa tiga pemain kita, Rafli, Edgar dan Ricky. Ricky tidak bermain sekalipun tidak mendapatkan menit bermain, Rafli mendapatkan menit bermain sedikit dan Edward demikian," tandasnya.

Alhasil, ketiga pemain ini mengalami penurunan performa dibandingkan dengan pemain lain yang tetap berada di tim Ramang.

Situasi tersebut membuat Bernardo cukup riskan melepaskan pemainnya, termasuk Dzaky Asraf yang tengah berada dalam performa terbaiknya dan dilirik STY, namun tidak dilepas PSM.



Simak Video "Shin Tae-yong Tatap Laga Lawan Thailand: Laga yang Sangat Penting"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/asm)