Makassar Calon Kuat Tuan Rumah Rakernas Apeksi 2023

Tim detikSulsel - detikSulsel
Selasa, 09 Agu 2022 00:19 WIB
Wali Kota Makassar Danny Pomanto di agenda Rakernas Apeksi di Padang.
Foto: Wali Kota Makassar Danny Pomanto di agenda Rakernas Apeksi di Padang. (Dok. Istimewa)
Padang -

Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) diwacanakan menjadi calon kuat untuk mengadakan kegiatan tahunan Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi) tahun 2023 mendatang. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyambut positif hal tersebut.

Wacana Kota Makassar jadi kandidat tuan rumah Apeksi 2023 mengemuka dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi ke-XV di Hotel Tuntrum, Padang Barat, Senin (8/8/2022). Danny berharap rencana tersebut bisa terwujud.

"Makassar tadi disebut-sebut sebagai calon kuat jadi tuan rumah tahun depan. Semoga terwujud dan semoga kesepakatan akhir jatuh pada Kota Makassar," ucap Danny dalam keterangan resmi yang diterima wartawan, Senin (8/8).


Kata Danny, kesiapan kota Makassar itu 100 persen untuk mengadakan event besar seperti Apeksi. Pihaknya akan menyediakan sejumlah fasilitas.

Dari segi penginapan, kota Makassar memiliki 15 ribu kamar hotel berbintang. Restoran mewah dengan sajian kuliner khas disediakan bagi para peserta dan undangan.

"Saya pikir kita tidak akan kekurangan tempat penginapan. Kita juga punya restoran dari sederhana hingga restoran mewah. Jadi kita sangat siap," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Roem menambahkan jika Apeksi digelar di Kota Makassar maka bisa memberikan angin segar bagi pariwisata dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"UMKM jadi bertumbuh. Rental-rental mobil kita juga banyak. Destinasi-destinasi dan kulineran di Kota Makassar akan bertambah ramai oleh peserta Apeksi," beber Roem.

Roem juga mengungkapkan jikalau keputusan akhir Kota Makassar terpilih menjadi tuan rumah, maka lokasi untuk pengadaan City Expo rangkaian dari Apeksi akan dilaksanakan di Pantai Losari atau Lapangan Karebosi.

"Kita punya lokasi memadai dan sangat luas untuk membuat event besar seperti City Expo pameran booth Apeksi. Ada Karebosi dan Pantai Losari. Jadi kita siap sekali," pungkasnya.

Walkot Makassar Tanam Pohon Durian

Sebelumnya Wali Kota (Walkot) Makassar Danny Pomanto juga berkesempatan menanam pohon durian sebagai rangkaian Rakernas Apeksi ke-XV di Padang.

Sebanyak 98 pohon durian ditanam di lokasi dekat perkantoran Dinas Pertanian Kota Padang, Sungai Lareh, Senin (8/8). Danny Pomanto berkesempatan menanam pohon durian yang dibawa langsung dari Makassar.

Ketua Apeksi, Bima Arya menyebutkan jika kegiatan menanam pohon ini menjadi salah satu bagian dari kepedulian Apeksi dalam menjaga bumi. Kepala daerah diajak ikut berkontribusi.

"Para kepala daerah harus peduli terhadap lingkungan dan menjaga bumi sejak dini agar anak cucu kita terselamatkan ke depannnya," jelasnya.



Simak Video "Sidak Balai Kota, Walkot Makassar Temukan Ada ASN 6 Bulan Tak Ngantor!"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/asm)