2 Rumah di Makassar Terbakar Saat Ditinggal Penghuninya Mudik ke Palopo

Muh Ishak Agus - detikSulsel
Kamis, 05 Mei 2022 08:40 WIB
2 Rumah di Makassar terbakar saat ditinggalkan pemudiknya mudik ke Palopo. (dok. Istimewa)
Foto: 2 Rumah di Makassar terbakar saat ditinggalkan pemudiknya mudik ke Palopo. (dok. Istimewa)
Makassar -

2 Rumah warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terbakar saat sedang ditinggal pemiliknya mudik ke kampung halaman di Kota Palopo. Warga sekitar baru mengetahui rumah itu kebakaran saat api sudah mulai membesar.

Peristiwa kebakaran terjadi di Jalan Kampung Baru, Kelurahan Antang, Kecamatan Manggala, Makassar pada Kamis (5/5/2022) sekitar pukul 02.45 Wita. Belum diketahui bagaimana awal mula rumah itu terbakar.

"Rumahnya (yang terbakar) milik Pak Bakri dan Daeng Situju. Keduanya bersaudara dan sedang mudik ke Palopo," ujar Ketua RT tempat rumah itu terbakar, Murniati kepada wartawan Kamis (5/5).


Tidak hanya itu, Murniati mengaku tidak menerima laporan dari pemilik rumah bahwa sedang mudik. Sehingga rumah milik warganya itu luput dari pengawasan.

"Tapi warga di sini (yang rumahnya terbakar) tapi tidak melapor ke saya waktu dia mudik," jelasnya.

Warga berjibaku membantu memadamkan api saat mengetahui api yang berada di rumah itu sudah membesar.

"Saya suruh anak-anak bantu cepat (padamkan)," tambahnya.

Namun api yang terus membesar membuat warga kewalahan hingga menelepon Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar. Data dari Damkar Makassar, api berhasil dikuasi pukul 03.50 Wita setelah 5 armada dan 26 personel dikerahkan ke lokasi.

"Ada 2 unit (rumah terbakar) yang terdiri dari 4 KK," kata Danton Regu 5 Damkar Makassar, Sultan.

Setelah api berhasil dipadamkan, petugas menduga bahwa kebakaran ini akibat arus pendek listrik dari salah satu rumah warga yang terbakar. Tidak ada korban luka maupun meninggal dunia dalam peristiwa ini.

"Diduga akibat arus pendek. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," kata Kepala Damkar Makassar, Hasanuddin dalam keterangannya.



Simak Video "Kebakaran di Makassar Lahap 9 Rumah dan Kantor Lurah!"
[Gambas:Video 20detik]
(nvl/nvl)