Keren! Ada Kotak Pos di Dasar Laut Grand Watudodol Banyuwangi

Keren! Ada Kotak Pos di Dasar Laut Grand Watudodol Banyuwangi

Ardian Fanani - detikJatim
Kamis, 29 Sep 2022 12:15 WIB
Kotak pos bawah laut di Grand Watudodol, Banyuwangi
Kotak pos bawah laut di Grand Watudodol, Banyuwangi/(Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Pernah kirim surat lewat kotak pos? Di zaman email ini sudah tidak banyak yang berkirim surat lewat kotak pos. Tapi beda ceritanya kirim surat itu lewat kotak pos yang ada di dasar laut.

Kini di Banyuwangi ada kotak pos yang berada di bawah laut. Kotak pos oranye khas Kantor Pos Indonesia itu sengaja ditenggelamkan untuk spot selfie di bawah laut. Tapi bisa buat kirim surat enggak, ya?

Post Box dengan tinggi 2 meter itu ini sengaja ditenggelamkan di Wisata Grand Watudodol oleh tim Pokdarwis setempat pada Rabu (28/9/2022). Kotak surat itu ditenggelamkan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Postel ke-77, PT Pos Indonesia cabang Banyuwangi.

Kotak pos itu pun diklaim menjadi satu-satunya kotak pos di Indonesia yang berada di dasar laut. Tidak hanya menjadi spot selfie unik dalam waktu dekat kotak tersebut juga bisa untuk mengirimkan surat.

Kepala PT Pos Indonesia cabang Banyuwangi Trian Nugroho mengungkapkan, penenggelaman kotak pos dalam event Banyuwangi Post Box Underwater (BPBU) menjadi salah satu upaya Kantor Pos untuk mewarnai pariwisata di Banyuwangi.

"PT Pos Indonesia meletakkan kotak pos khusus di dasar laut Grand Watudodol. Dengan demikian harapannya wisatawan yang menyelam bisa menikmati pengalaman berharga yang hanya satu-satunya di Indonesia, mengirimkan pos dari dalam laut," ungkap Trian kepada wartawan.

Kotak pos bawah laut di Grand Watudodol, BanyuwangiKotak pos bawah laut di Grand Watudodol, Banyuwangi Foto: Ardian Fanani/detikJatim

Trian memastikan bahwa kotak pos itu menjadi bagian dari atraksi bawah laut di Grand Watudodol. Tapi tidak hanya menjadi spot selfie, kotak pos itu akan berfungsi menjadi kotak untuk berkirim surat.

"Selain tempat selfie ini juga berfungsi untuk mengirim surat. Nanti tanggal 7 Oktober akan digunakan Banyuwangi Post Box Underwater (BPBU). Ini bisa menjadi pengalaman unik, mengirim surat berbahan khusus dari bawah laut," katanya.

Kotak pos yang diturunkan di dasar laut itu memang merupakan kotak pos berbahan khusus. Kotak pos itu dirancang dari bahan yang tahan air laut untuk jangka waktu yang lama.

"Kami hadirkan kotak pos itu khusus dengan bahan yang tahan terhadap air laut sehingga tidak mudah korosi atau berkarat. Dan cat yang digunakan juga khusus," imbuh Trian.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda mengucapkan terima kasih atas kontribusi PT Pos Indonesia yang turut andil membangun spot selfie di Underwater.

"Tentu ini akan menjadi pengalaman berharga wisatawan yang datang ke Banyuwangi. Yang suka Underwater pasti bisa selfie dengan kotak pos milik Kantor Pos Banyuwangi," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemkab berkolaborasi dengan PT. Pos Indonesia cabang Banyuwangi telah menggeber program ongkos kirim gratis ke seluruh wilayah di Indonesia bagi usaha mikro, kecil, dan menengah di Banyuwangi.



Simak Video "Pilu Korban Banjir di Banyuwangi, Rumah Rata Disapu Air Bah"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/sun)