Dongkrak Pariwisata Usai Pendemi Mereda, 4 Pantai di Banyuwangi Bersolek

Dongkrak Pariwisata Usai Pendemi Mereda, 4 Pantai di Banyuwangi Bersolek

Ardian Fanani - detikJatim
Sabtu, 24 Sep 2022 18:00 WIB
pantai banyuwangi bersolek
Pantai di Banyuwangi bersolek. (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Meredanya pandemi COVID-19 disambut positif sektor pariwisata di Banyuwangi. Sejumlah destinasi pantai di Banyuwangi pun mulai bersolek.

Seperti Pantai Pulau Merah, Pantai Gumuk Kancil Pulau Merah, Pantai Cemara Pancer, dan Pantai Mustika. Keempatnya berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Tempat wisata pantai diujung selatan Bumi Blambangan tersebut makin cantik berkat penerapan konsep Pentahelix. Yakni kolaborasi 5 unsur stakeholder pariwisata, mulai akademisi, pengusaha atau pelaku investasi, komunitas masyarakat, pemerintah dan media.

Khusus destinasi di wilayah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, pelaku usaha atau investor yang terlibat langsung adalah PT Merdeka Copper Gold Tbk. Melalui Corporate Social Responsibility (CSR), induk perusahaan tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI) terus menyalurkan bantuan dalam bentuk program infrastuktur maupun kegiatan pendukung.

Konsultan PT Merdeka Copper Gold Tbk Caesar Muhni Rizal menyampaikan, penyaluran program CSR kesejumlah destinasi wisata di Desa Sumberagung merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan kepada masyarakat Banyuwangi. Khususnya masyarakat ring satu perusahaan.

"Program yang dibuat juga hasil musyawarah dengan masyarakat pengelola wisata, sehingga sesuai dengan keinginan dan harapan mereka," kata pria yang akrab disapa Eca itu kepada wartawan, Sabtu (24/9/2022).

PT Merdeka Copper Gold telah melakukan beberapa renovasi. Seperti di Pantai Pulau Merah, PT BSI membantu pengelola destinasi dalam operasional tenaga kebersihan. Di Pantai Gumuk Kancil, operator tambang emas ini membantu pembangunan gazebo, toilet, dan lain-lain.

Sementara di Pantai Cemara Pancer, CSR PT Merdeka Copper Gold Tbk disalurkan dalam bentuk gazebo dan lapak UMKM. Serta Pantai Mustika dipercantik dengan dilengkapi mini teater.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, M Yanuar Bramuda menambahkan, guna optimalisasi konsep Pentahelix, pemerintah daerah melalui dinas juga membantu pelaku pariwisata. Termasuk melalui dukungan anggaran.

"Dan ini dirasakan langsung oleh pelaku pariwisata, sehingga kolaborasi yang terjadi menjadi kunci kekuatan bersama," katanya.

Kini, kabupaten ujung timur pulau Jawa itu berhasil menjadi pusat dan jujugan MICE dan study banding semua sektor. Pemkab Banyuwangi juga telah memenuhi aksebilitas dengan keberadaan Bandara Internasional Banyuwangi.



Simak Video "Pilu Korban Banjir di Banyuwangi, Rumah Rata Disapu Air Bah"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)