Indonesia Segera Punya Kereta Panoramic, Perjalanan Bakal Lebih Asyik

Tim detikTravel - detikJatim
Jumat, 19 Agu 2022 20:38 WIB
kereta panoramic
Kereta panoramic (Foto: Tangkapan layar YouTube: Aldyan Fanindya N)
Surabaya -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal meluncurkan kereta panoramic. Kereta ini bakal memanjakan mata penumpang dengan kaca-kacanya yang lebar dan besar. Wah, bakal seru pastinya.

Dilansir dari detikTravel, Kereta panoramic pertama di Indonesia ini merupakan hasil modifikasi dari kereta kelas eksekutif. Dilihat detikcom dari akun @balaipengujianka, Kamis (18/8/2022) sekilas modifikasi terlihat dari kaca-kaca dan atap kereta yang dapat dibuka sehingga terlihat jelas pemandangan di luar kereta.

"Kereta dilengkapi sunroof dan ukuran kacanya lebih besar. Jadi bisa melihat pemandangan lebih luas," kata akun tersebut.

Saat ini, kereta tersebut masih diuji coba pertama sesuai Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 15 Tahun 2011. Pihak yang melakukan pengujian adalah Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian.

Pengujian dilakukan secara statis maupun dinamis. Beberapa yang diuji adalah uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing dan uji kebocoran.

"Semua harus diuji untuk memastikan kereta ini laik operasi, aman dan nyaman saat digunakan," ujar akun itu.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan kereta panoramic tersebut diproduksi di Balai Yasa Gubeng. Namun Luqman mengaku belum mengetahui secara detil soal kereta panoramic tersebut.

"Diproduksi di Balai Yasa. Tapi untuk detilnya kami belum mengetahui," ujar Luqman kepada detikJatim.

Luqman sendiri membenarkan adanya pengujian kereta panoramic yang disebutnya diuji di jalur Surabaya-Lamongan. Namun Luqman tidak mengetahui kapan pengujian itu berlangsung.

"Kalau tidak salah itu diujinya di (jalur) Surabaya-Lamongan. Nanti kalau sudah selesai direksi yang akan meluncurkan (kereta panoramic)," tandas Luqman.

Konsep kereta panoramic sebenarnya sudah lebih dulu eksis di Eropa, salah satunya Swiss. Kereta ini menjadi objek wisata yang wajib dijajal ketika liburan ke Swis.

Salah satu kereta yang paling sering ditumpangi wisatawan adalah Bernina Express. Kereta ini beroperasi sepanjang tahun sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan aneka musim termasuk musim dingin dan musim semi.

Jalur-jalur yang dilewati juga menarik mulai dari pegunungan, lembah, desa, danau, hingga gletser. Objek yang paling ditunggu-tunggu wisatawan adalah Pegunungan Alpen yang menjadi ikon Swiss.



Simak Video "Balai Yasa Manggarai Pamerkan 3 Inovasi Terbarunya Saat Open House"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)