Pantai Pasir Putih Situbondo, Rest Area Pantura yang Sayang Dilewatkan

Chuk Shatu Widharsa - detikJatim
Senin, 25 Apr 2022 16:14 WIB
Pantai Pasir Putih SItubondo
Pantai Pasir Putih Situbondo (Foto: Chuk S Widharsa/detikJatim)
Situbondo -

Salah satu rest area di jalur Pantura Situbondo yang sayang jika dilewatkan adalah Pantai Pasir Putih. Selain untuk singgah sejenak, tempat ini juga menarik jadi jujugan wisata. Penasaran?

Pantai Pasir Putih terletak persis di tepi jalan nasional atau jalur pantura. Lokasinya di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, tepatnya di KM 173 Surabaya -Banyuwangi.

Tak sulit menemukan lokasi Pantai Pasir Putih ini. Sebab, pantai berpasir putih kecokelatan ini berada di tepi jalan nasional Pantura Situbondo. Jika dari arah Surabaya, letaknya ada di sisi kiri jalan.

Obyek wisata Pantai Pasir Putih merupakan tempat wisata yang konon sudah jadi jujugan sejak era kolonial Belanda. Menurut keterangan berbagai sumber, pantai ini dulunya memang berpasir putih. Makanya, disebut pantai pasir putih.

Pantai ini landai memiliki spot pasir luas. Ombaknya pun tenang, sebagaimana kebanyakan pantai utara Jawa. Sehingga cocok untuk berenang anak-anak.

Di objek wisata ini juga bisa untuk atraksi permainan air. Misalnya berenang menggunakan ban, serta bermain kano yang memang disewakan untuk pengunjung.

Pantai Pasir Putih SItubondoPantai Pasir Putih SItubondo Foto: Chuk S Widharsa/detikJatim

Bagi yang suka olahraga menyelam atau sekadar snorkling, bisa melakukannya dengan cara menyewa peralatan di lokasi. Tentunya
didampingi oleh instruktur yang berpengalaman.

Di pantai ini, pengunjung juga bisa menikmati terumbu karang dan biota laut lainnya. Pengunjung bisa menyewa perahu layar, lengkap dengan peralatan untuk melihat keindahan bawah air.

Dengan perahu layar tersebut, pengunjung lantas diajak berlayar ke tengah. Di titik-titik tertentu, perahu dengan aneka warna layar tersebut lantas berhenti dan memberikan kesempatan pengunjung untuk melihat keindahan bawah air.

Pun bagi pengunjung yang ingin berlama-lama tinggal. Di area ini juga banyak tersedia penginapan. Sementara untuk makan, juga tak sulit. Karena tersedia beragam jenis kuliner yang nikmat. Tapi, paling favorit di sini yakni ikan laut bakar.

Tak hanya itu, di beberapa lapak tepi pantai juga banyak pedagang yang menjual souvenir berbahan hasil laut. Diantaranya beragam kerang maupun terumbu karang yang telah dibentuk kerajinan menarik.

Pantai Pasir Putih saat ini dikelola Perusahaan Daerah (Perusda) Situbondo. Termasuk beberapa hotel dan wisma daerah, yang berada di area tersebut. Tertarik untuk mampir ke sini?



Simak Video "Bermain Pasir Putih di Pantai Gresik Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)