Terduga Teroris yang Diamankan Densus 88 di Magetan Dikenal Ramah

Sugeng Harianto - detikJatim
Selasa, 02 Agu 2022 23:35 WIB
Kasun Nitikan Kidul, Sauji
Foto: Kasun Nitikan Kidul, Sauji (Sugeng Harianto/detikJatim)
Magetan -

Densus 88 Antiteror Polri menangkap satu terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) berinisial RY (34) di Magetan. RY merupakan pengajar yang dikenal ramah di lingkungan ponpes di Desa Sumberagung Plaosan, Magetan.

"Yang saya tahu orangnya ramah. Sering ketemu di masjid saat salat zuhur," ujar ketua RT 13, Katiman, kepada detikJatim Selasa (2/8/2022).

Katiman mengaku kaget dan tidak tahu jika RY diamankan oleh Densus 88 sejak pukul 08.00 WIB tadi pagi. Tak hanya dirinya yang baru tahu jika RY diamankan Densus 88 namun juga anak dan istrinya.

Hal senada juga dikatakan oleh Sauji Kepala Dusun Nitikan Kidul Desa Sumberagung. "Orangnya biasa bertetangga dengan saya dan sudah sekitar tiga tahun," kata Sauji.

Sauji menambahkan bahwa RY sebelumnya berasal dari Medan dan menikahi R anak dari pimpinan Ponpes di Desa Sumberagung. Sejak tiga tahun lalu pulang dan mengajar di Ponpes pimpinan sang mertua.

"Yang bersangkutan asal Medan dan menikahi anak pak kiai dan dikaruniai 6 anak," tandasnya.

Menurut Sauji, selain mengamankan RY, Densus juga menyita sejumlah barang bukti. Antara lain dokumen hingga laptop.

"Yang dibawa laptop, buku rekening tabungan, KTP, KK, paspor," tandas Sauji.

Dilansir dari detikNews, Densus 88 Antiteror Polri menangkap satu tersangka teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) berinisial RY. Penangkapan dilakukan di Magetan, Jawa Timur.

"Densus telah melakukan penangkapan terhadap satu tersangka tindak pidana terorisme dari jaringan JI berinisial RY alias D, Selasa 2 Agustus, pukul 08.00, di Jalan Raya Magetan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (2/8/2022).

Ramadhan mengatakan RY diduga bergabung ke JI sejak 2013. RY disebut membantu membuka jalur JI dengan Free Syrian Army melalui Dubai.

"Keterlibatannya pada 2013 mengikuti seleksi anggota hubungan internasional JI, berjalan ke Suriah melalui Dubai untuk buka jalur hubungan dengan Free Syrian Army," katanya.



Simak Video "1 Teroris Anggota Hubungan Internasional Jamaah Islamiyah Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)