Cegah Balap Liar di Surabaya, Ini yang Akan Dilakukan Polisi

Deny Prasetyo Utomo - detikJatim
Kamis, 27 Jan 2022 19:50 WIB
Kapolrestabes Surabaya
Kapolrestabes Surabaya Kombes Yusep Foto/:Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Polisi di Surabaya bakal memfasilitasi balap liar. Ini untuk menampung hobi dan mencegah potensi kerawanan balap liar yang ada di jalanan Kota Pahlawan.

"Kami juga menginventarisir potensi-pontensi permasalahan, baik itu tawuran, baik itu balapan liar. Insya Allah saya akan memfasilitasi anak-anak akan balapan. Akan kita siapkan ruang untuk anak-anak muda, yang mau mengembangkan hobi balapan," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Akmad Yusep Gunawan, Kamis (27/1/2022).

Menurut, Yusep, saat ini pihaknya bersama Satlantas Polrestabes Surabaya tengah menyiapkan terkait regulasinya untuk ajang balap motor tersebut.

"Artinya akan dibuat regulasinya oleh Kasatlantas, sehingga hobi balap itu bisa terfasilitasi. Secara simpel yang penting keselamatan, keamanan dari pada anak-anak dalam proses balapan ini betul-betul terjaga," ungkap Yusep.

Sedangkan untuk pelaksanannya serta lokasinya, Yusep mengaku masih merumuskan dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan meminta dukungan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

"Pelaksanannya kita akan berjalan simpel. Contohnya setiap hari Sabtu dan Minggu, kita akan cari ruang, tempat. Nanti, adik-adik tinggal daftar, yang penting di perhatikan keselamatannya, safety kendaraan motornya, nanti ada, mungkin ada tim yang akan kita libatkan, mungkin dari IMI yang akan melakukan standart verifikasi kendaraan ini aman. Mungkin akan berbeda dengan balapan secara ideal," tegas Yusep.

"Seperti di tempat-tempat lain, nanti kita akan koordinasikan dengan pak wali kota, Insya Allah pak wali kota akan mendukung," tandas Yusep.



Simak Video "Ratusan Pembalap Liar di Makassar Adu Kecepatan di Arena Resmi"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)