Tertangkap Basah, Pencuri Kotak Amal di Banyuwangi Dimassa

Ardian Fanani - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 15:49 WIB
pencurian kotak amal di banyuwangi
Aksi pelaku saat membobol kotak amal (Foto: Tangkapan layar)
Banyuwangi -

Terpergok mencuri kotak amal masjid, DR (37) warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi nyaris bonyok dihajar massa. Residivis dua kali dengan kasus pencurian ini diduga telah beraksi di 5 TKP di sekitar Kecamatan Srono.

Pelaku ditangkap saat melakukan aksi di Masjid Darul Hidayah di Dusun Umbulrejo, Desa Bagorejo, Kecamatam Srono, Banyuwangi, Jumat (21/1/2022) dini hari .

Pelaku berangkat dari rumahnya tepat pada tengah malam dengan mengendarai sepeda motor Mio bernopol DK 8422 CR. Dia mengendarai motor menuju ke kecamatan Srono. Sementara pakaian untuk menjalankan aksi, pelaku sengaja menyaru dengan menggunakan baju koko dan peci, seperti layaknya orang yang berangkat tahajud di masjid.

"Dia keliling dengan maksud untuk mencari sasaran kotak amal di Masjid untuk dicuri. Untuk mengelabui warga dia pakai baju muslim," jelas Kapolsek Srono AKP Junaidi kepada wartawan.

Begitu tiba di TKP, tersangka melihat sebuah kotak amal berukuran besar berada di teras masjid. Kotak amal tersebut dirantai dengan gembok. Melihat sasaran ini, tersangka langsung mengarahkan kendaraannya ke halaman masjid tersebut.

pencurian kotak amal di banyuwangiPelaku diperiksa di Polsek Srono (Foto: Ardian Fanani)

Pelaku sengaja berlagak seperti orang yang sedang beribadah. Namun ketika kondisi terlihat sepi, pelaku langsung mencoba mencongkel gembok rantai dengan gembok.

"Setelah itu tersangka mendekat ke kotak amal lalu merusak gemboknya dengan mencongkel menggunakan obeng," jelasnya.

Setelah gembok rantai terbuka dia melepaskan rantainya. Selanjutnya, kotak amal tersebut dibawa tersangka menuju tempat wudu yang terletak di bagian selatan Masjid. Di sana, tersangka berusaha membuka kotak amal dengan mencongkelnya.

Namun sebelum kotak amal tersebut berhasil dibuka, seorang warga memergokinya. Warga tersebut kemudian meneriakinya maling. Tak lama kemudian warga yang lain berdatangan. Tak bisa dielakkan lagi tersangka sempat menjadi sasaran kemarahan warga. Tak lama berselang, petugas dari Polsek Srono datang ke lokasi kejadian untuk mengamankan tersangka.

"Tersangka berikut barang bukti kami amankan ke Polsek Srono untuk dilakukan proses lebih lanjut," tegasnya.

Barang bukti yang diamankan berupa sebuah kotak amal kayu berisi uang tunai sejumlah Rp 242.000, sebuah gembok besi dalam keadaan rusak, sebuah sepeda motor Yamaha Mio Nopol DK 8422 CR, sebuah obeng, dan sebuah tang.

"Tersangka kita jerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 3e dan 5e KUHP tentang pencurian dengan pemberatan," jelas mantan Wakasat Lantas Polresta Banyuwangi ini.

Saat penyelidikan, polisi kemudian melakukan pemeriksaan. Dari pemeriksaan tersebut, tersangka mengaku sudah melakukan aksi di 5 TKP berbeda di lapangan.

"Ada 5 TKP lokasi di Kecamatan Srono, 3 masjid di Desa Bagorejo, dan dua kali di Parijatah Wetan," pungkasnya.



Simak Video "Terekam CCTV Saat Beraksi, Pembobol Masjid di Makassar Dibekuk Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)