3 Pahlawan Nasional Asal Jatim yang Ada di Uang Rupiah

Dina Rahmawati - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 14:58 WIB
Sejumlah pahlawan diabadikan dalam uang Rupiah, baik koin maupun kertas. Nah, berikut ini 3 pahlawan nasional asal Jawa Timur yang wajahnya terpampang dalam uang Rupiah:
Uang Rupiah yang menampilkan foto Soekarno-Hatta/Foto: Tim detikJatim
Surabaya -

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan, yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mulai dari menggelar upacara saat hari nasional, ziarah makam pahlawan, hingga menjadikan para pahlawan sebagai ikon dalam uang Rupiah.

Sejumlah pahlawan diabadikan dalam uang Rupiah, baik koin maupun kertas. Nah, berikut ini 3 pahlawan nasional asal Jawa Timur yang wajahnya terpampang dalam uang Rupiah:

1. Ir Soekarno

Sejumlah pahlawan diabadikan dalam uang Rupiah, baik koin maupun kertas. Nah, berikut ini 3 pahlawan nasional asal Jawa Timur yang wajahnya terpampang dalam uang Rupiah:Uang Rupiah yang menampilkan Ir Soekarno/ Foto: Tim detikJatim

Ir Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya dengan nama kecil Kusno Sosrodihardjo. Sang Proklamator menjadi Presiden Republik Indonesia pertama yang menjabat dari periode 1945 hingga 1966. Ir Soekarno meninggal dunia pada 21 Juni 1970 dan jasadnya dimakamkan di Blitar

Jasa Ir Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia begitu besar. Tak heran jika wajah Ir Soekarno sering muncul dalam uang Rupiah.

Mulai dari seri ORI (Oeang Republik Indonesia) tahun 1945, uang Republik Indonesia Serikat tahun 1950, hingga uang Bank Indonesia yang berlaku hingga saat ini.

Ir Soekarno ditetapkan sebagai pahlawan nasional sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 83/TK/TAHUN 2012 tanggal 7 November 2012 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada Presiden RI pertama.

2. dr Soetomo

sudirno, perancang uang rupiah dari pacitanWajah dr Soetomo tercetak dalam uang pecahan Rp 1.000 tahun 1980/ Foto: Purwo Sumodiharjo

dr Soetomo lahir pada 30 Juli 1888 di Ngepeh, Nganjuk, Jawa Timur dengan nama asli Soebroto. dr Soetomo merupakan pendiri organisasi Boedi Oetomo.

Organisasi tersebut menjadi wadah aspirasi bagi para pejuang kemerdekaan Indoensia. dr Soetomo meninggal dunia di Surabaya pada 30 Mei 1938.

dr Soetomo senantiasa mengabdikan diri di bidang sosial dan budaya. Wajah dr Soetomo tercetak dalam uang pecahan Rp 1.000 tahun 1980. Perancang gambar uang tersebut adalah Sudirno asal Pacitan, Jawa Timur.

Atas jasa-jasanya, dr Soetomo dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 657 Tahun 1961 tentang Penetapan dr Soetomo, KH. Achmad Dahlan, KH Agus Salim sebagai Pahlawan-Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

3. WR Soepratman

Uang Rupiah yang menampilkan foto WR SoepratmanUang Rupiah yang menampilkan foto WR Soepratman/ Foto: Istimewa

Wage Rudolf Soepratman lahir pada 19 Maret 1903 di Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Semasa hidupnya, WR Soepratman kerap berpindah-pindah tempat. Mulai dari Jatinegara, Makassar, bandung, Jakarta, hingga Surabaya. Di Surabaya, WR Soepratman tinggal di rumah kakeknya yang bernama Rukiyem Supratijah.

Kepiawaian WR Soepratman dalam bermusik digunakan untuk menciptakan lagu-lagu perjuangan. Salah satunya adalah Lagu Kebangsaan Republik Indonesia, Indonesia Raya. Pada 17 Agustus 1938, WR Soepratman meninggal dunia di Jalan Mangga No. 21 Tambak Sari Surabaya karena gangguan jantung.

Untuk mengenang jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, wajah WR Soepratman diabadikan pada uang pecahan Rp 50.000 tahun 1999. Pada uang tersebut, terdapat pula lirik lagu Indonesia Raya di sisi kiri dari gambar WR Soepratman.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI No.16/SK/1971 tanggal 20 Mei 1971, WR Soepratman mendapatkan gelar pahlawan nasional. Kemudian, Presiden RI juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra Utama kepada WR Soepratman sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No.017/TK/1974 tanggal 19 Juni 1974.



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)