Sanca 4 Meter Pemangsa Ayam Warga di Jombang Ditangkap

Sanca 4 Meter Pemangsa Ayam Warga di Jombang Ditangkap

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Rabu, 26 Okt 2022 13:45 WIB
Petugas menangkap ular sanca 4 meter di rumah warga di Dukuhmojo, Jombang
Petugas menangkap ular sanca 4 meter di rumah warga di Dukuhmojo, Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Jombang -

Ular sanca kembang membuat geger warga Dusun Kemodo Selatan, Desa Dukuhmojo, Mojoagung, Jombang. Pasalnya reptil sepanjang 4 meter ini masuk ke rumah penduduk dan memangsa ayam milik warga.

Ular sanca kembang menyatroni rumah Sohib (43), warga Dusun Kemodo Selatan sekitar pukul 08.00 WIB. Reptil buas ini masuk ke teras rumah Sohib setelah memangsa ayam peliharaan warga.

"Ular masuk teras rumah saya, tadi setelah makan ayam," kata Sohib kepada wartawan di lokasi, Rabu (26/10/2022).

Melihat kedatangan ular sanca kembang sebesar lengan orang dewasa ini, Sohib dan keluarganya keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri. Selanjutnya warga menghubungi petugas Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) Mojoagung.

"Kemungkinan ular ini dari hutan karena kampung ini dekat hutan. Banyak ayam peliharaan warga yang dimangsa," terang Sohib.

Penangkapan ular sanca kembang ini berjalan alot. Sedikitnya 4 petugas dari Pos Damkar Mojoagung terlibat dalam penangkapan reptil ini dari rumah Sohib. Saat menangkap, petugas menggunakan tongkat ular dan memakai sepatu bot untuk mengantisipasi gigitan ular.

"Kami sempat kesulitan karena ularnya buas, sempat beberapa kali menyerang kami," ungkap Petugas Pos Damkar Mojoagung Mukhlisin.

Ular sanca kembang ini akhirnya berhasil ditangkap petugas Pos Damkar Mojoagung. Reptil berbobot sekitar 20 Kg ini diikat mulutnya dengan lakban agar tidak menggigit. Selanjutnya ular dimasukkan ke sebuah karung untuk dievakuasi.

"Untuk sementara kami evakuasi ke Pos Damkar Mojoagung. Karena ular ini sering memangsa ayam peliharaan warga," tandas Mukhlisin.



Simak Video "Ngeri! Ular Sanca 3 Meter Ngumpet di Plafon Rumah Warga di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)