Ini Rangkaian Acara Peringatan HUT ke-77 RI di Jatim

Faiq Azmi - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 08:34 WIB
Forkopimda Jatim menggelar upacara Hari Pahlawan. Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjadi inspektur upacara di lapangan Tugu Pahlawan, Surabaya
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperingati HUT ke-77 RI. Ada rangkaian agenda yang sudah dimulai sejak pergantian hari menuju 17 Agusutus, semalam.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov Jatim Moh Ali Kuncoro menjelaskan, rangkaian Upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI diawali dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS). AKRS berlangsung di Taman Makam Pahlawan Nasional 10 Nopember, Jalan Mayjend Sungkono Surabaya, pada dini hari tadi pukul 00.00 WIB.

"Bertindak sebagai inspektur upacara, Gubernur Khofifah memimpin upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di TMP 10 Nopember Mayjend Sungkono, Surabaya," kata Ali, Rabu (17/8/2022).

Selanjutnya dilaksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, pukul 10.00 WIB. Dalam hal ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dipastikan akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Menurut Ali, serangkaian upacara detik-detik proklamasi yang akan dilakukan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, Gubernur Khofifah mengundang masyarakat secara langsung untuk melihat lebih dekat jalannya Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77.

"Kali ini Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Indonesia di Jawa Timur berlangsung istimewa. Pasalnya, masyarakat diundang untuk mengikuti upacara pada detik-detik proklamasi kemerdekaan dan penurunan bendera," ungkapnya.

Masyarakat yang sudah mendaftar, kata Ali, untuk mengikuti upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan maupun upacara penurunan bendera melalui link yang telah disediakan Pemprov Jatim.

"Untuk sesi upacara pengibaran bendera disediakan sebanyak 500 undangan. Sedangkan pelaksanaan upacara penurunan bendera disediakan sebanyak 750 undangan," jelasnya.

Bagi masyarakat yang sudah mendaftar, ada ketentuan mengikuti upacara bendera di HUT RI ke-77, yakni wajib mengenakan pakaian batik lengan panjang bagi pria dan pakaian sopan bagi wanita

Selain mengundang masyarakat, Ali mengatakan akan ada beberapa penampilan tarian dan atraksi saat upacara detik-detik proklamasi maupun saat upacara penurunan bendera.

"Jadi yang pagi ada Tari Kolosal Sumpah Amukti Palapa, lalu Reog Ponorogo serta penampilan drumband yang dibawakan SMAN Taruna Brawijaya," jelas Ali.

Lebih lanjut Karo Adpim Ali menjelaskan, setelah upacara detik-detik proklamasi selesai dilaksanakan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak beserta jajaran melakukan acara resepsi kenegaraan.

Nantinya, Gubernur Khofifah, Wagub Emil, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Provinsi Jatim menerima ucapan selamat dari negara-negara sahabat.

"Dengan dukungan negara-negara sahabat, ke depan, Ibu Gubernur Khofifah bersama Bapak Wagub, Bapak Sekda dan seluruh jajaran di lingkungan Provinsi Jatim optimis mewujudkan tema HUT Kemerdekaan RI 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'," tuturnya.

Seusai acara Resepsi Kenegaraan, lanjut Ali, Gubernur Khofifah bersama Wagub Emil akan melakukan tasyakuran bersama veteran, perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Pada sore harinya, Upacara Penurunan Bendera akan dilaksanakan di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, pukul 17.00 WIB. Dimana pada Upacara Penurunan Bendera ini didahului dengan Defile Fashion Maduranese dan Majapahit, Tarian Kolosal Perjuangan, dan Drum Band Taruna Angkasa.

"Untuk memeriahkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, pada sore hari akan ada oleh Defile Fashion Madurese dan Majapahit, kemudian tarian Kolosal Perjuangan serta drumband SMA Taruna Angkasa," pungkasnya.



Simak Video "Momen Abu Bakar Ba'Asyir Ikut Upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)